Mohon tunggu...
Daffa Aslam
Daffa Aslam Mohon Tunggu... Mahasiswa Biasa Saja

freelancer edit foto dan video editor yang kadang suka dibayar telat sama klien, manusia paling demen eksperimen gabut hingga kacau

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Vaporwave Sebuah Seni Para Kaum Millenial

17 Oktober 2020   10:00 Diperbarui: 17 Oktober 2020   10:37 85 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Vaporwave Sebuah Seni Para Kaum Millenial
https://severinocanepa.com

Mengenal Vaporwave awalnya adalah cabang genre musik dari Chillwave tetapi dengan keunikan tersendiri (chillwave adalah mikrogenre music yang lahir pada akhir 2000an dengan karakteristik faded dan dreamy contohnya Lo-Fi). Sekarang Vaporwave telah merambah dan popular melebihi music itu sendiri dan telah menjadi bentuk suatu gerakan yang mengkomentari gaya hidup konsumerisme modern (ideologi yang menjadikan seseorang atau kelompok yang menjalankan proses konsumsi atau pemakaian barang-barang hasil produksi secara berlebihan, tanpa sadar dan berkelanjutan.).

Genre Vaporwave, seperti banyak musik estetika lainnya memberi Anda nostalgia, bahkan jika Anda bukan dari tahun 70-an hingga 90-an, gambar dan musik (kebanyakan musik) mengirim Anda ke Era yang dulu.

Berikut adalah bentuk penerapan genre Vaporwave Aesthetic yang populer :

  1. Anime dan kartun, yang biasanya dari tahun 70 – 90an akan tetapi terkadang juga memakai yang diatasnya. Seperti Neon Genesis Evangelion dan The Simpsons.
  2. Obat – obatan, hamper selalu menggunakan bentuk sirup, tablet dan pil.
  3. Vaporwave ini juga biasanya menampilkan nama brand dan logo. Yang paling sering digunakan adalah Adidas, Windows, Macintosh, PlayStation, Pepsi, dan masih banyak yang lainnya.
  4. Menggunakan grafik gambar dari tahun 80 – 2000an. Windows 95 biasanya banyak dipilih untuk karya seni dan pengeditan vaporwave.
  5. kesedihan atau depresi; sering digunakan untuk menekankan ketiadaan jiwa yang ironis dari estetika dari Vaporwave.
  6. Ruang liminal, meski agak menyeramkan, perasaan surealis dan nostalgia berjalan cukup baik dengan estetika ini.
  7. Kisi, garis, bentuk; tepi yang bersih dan tajam dapat ditemukan di sebagian besar karya seni Vaporwave
  8. Altered Reality, berisi gambar dengan corak asing yang belum pernah dilihat sebelumnya.
  9. Bahasa jepang salah satu dari dari bahasa yang paling digunakan di karya seni ini.

Asal - usul

Genre ini muncul pada tahun 2011 dari komunitas online dan mendapatkan popularitas melalui situs web Bandcamp, Soundcloud, Last.fm, 4chan, dan Macintosh Café Agora Road. Kenaikan popularitasnya bertepatan dengan penurunan Seapunk dan keduanya memiliki kemiripan yang sama.

Perbedaan utama antara Seapunk dan Vaporwave adalah Seapunk lebih terfokus pada gambar CG awal 90an dan kehidupan akuatik, sedangkan Vaporawave memberikan jaringan yang lebih luas , memilih untuk menyoroti periode akhir 80-an hingga akhir 2000-an. Tetapi banyak yang secara umum menandai 11 september 2001 sebagai titik alhir untuk periode dimana Vaporwave berpusat.

https://www.instagram.com/roohuja/
https://www.instagram.com/roohuja/
(foto tersebut milik: Roohuja)

Contoh Penerapan Vaporwave dalam media 

Musik

Musik Vaporwave pertama kali dicirikan oleh banyaknya penggunaan sampel dari musik tahun 1980-an dan 1990-an, biasanya lounge, smooth jazz atau Muzak. Sampel sering kali bernada rendah, berlapis, potongan musik atau gabungan simple beat lain. Namun, vaporwave telah mulai memasukkan komposisi yang lebih orisinal dengan fokus utama pada suasana. Artis juga mulai berkreasi dengan media fisik tempat mereka menjual album, mulai dari yang konvensional (vinyl dan kaset) hingga yang tidak biasa (Minidisk dan floppy disk).

Fashion

Salah satu aspek dari vaporwave yang jarang dibicarakan adalah vaporfashion atau distro fashion yang terinspirasi dari style vaporwave estetik. Ini termasuk brand yang popular pada era 80 dan 90an seperti Nike, Esprit, Fila, Adidas dll.

Video Game

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN