Mohon tunggu...
Daffa Aslam Nikolai Harkov
Daffa Aslam Nikolai Harkov Mohon Tunggu... Lainnya - Freelancer terbaik di alam semesta dan seisinya

​Hello, I'm Daffa Aslam Aka Nikolai or Niko, I'm a self-taught, self-motivated, responsible, reliable and adaptable to all challenging situations. I'm a Graphic Designer, Video Editor, and Web Developer, freelancer. Call me and save your budget now until 70% but you still have a professional result on your project.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Vaporwave Sebuah Seni Para Kaum Millenial

17 Oktober 2020   10:00 Diperbarui: 17 Oktober 2020   10:37 4455
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://severinocanepa.com

Mengenal Vaporwave awalnya adalah cabang genre musik dari Chillwave tetapi dengan keunikan tersendiri (chillwave adalah mikrogenre music yang lahir pada akhir 2000an dengan karakteristik faded dan dreamy contohnya Lo-Fi). Sekarang Vaporwave telah merambah dan popular melebihi music itu sendiri dan telah menjadi bentuk suatu gerakan yang mengkomentari gaya hidup konsumerisme modern (ideologi yang menjadikan seseorang atau kelompok yang menjalankan proses konsumsi atau pemakaian barang-barang hasil produksi secara berlebihan, tanpa sadar dan berkelanjutan.).

Genre Vaporwave, seperti banyak musik estetika lainnya memberi Anda nostalgia, bahkan jika Anda bukan dari tahun 70-an hingga 90-an, gambar dan musik (kebanyakan musik) mengirim Anda ke Era yang dulu.

Berikut adalah bentuk penerapan genre Vaporwave Aesthetic yang populer :

  1. Anime dan kartun, yang biasanya dari tahun 70 – 90an akan tetapi terkadang juga memakai yang diatasnya. Seperti Neon Genesis Evangelion dan The Simpsons.
  2. Obat – obatan, hamper selalu menggunakan bentuk sirup, tablet dan pil.
  3. Vaporwave ini juga biasanya menampilkan nama brand dan logo. Yang paling sering digunakan adalah Adidas, Windows, Macintosh, PlayStation, Pepsi, dan masih banyak yang lainnya.
  4. Menggunakan grafik gambar dari tahun 80 – 2000an. Windows 95 biasanya banyak dipilih untuk karya seni dan pengeditan vaporwave.
  5. kesedihan atau depresi; sering digunakan untuk menekankan ketiadaan jiwa yang ironis dari estetika dari Vaporwave.
  6. Ruang liminal, meski agak menyeramkan, perasaan surealis dan nostalgia berjalan cukup baik dengan estetika ini.
  7. Kisi, garis, bentuk; tepi yang bersih dan tajam dapat ditemukan di sebagian besar karya seni Vaporwave
  8. Altered Reality, berisi gambar dengan corak asing yang belum pernah dilihat sebelumnya.
  9. Bahasa jepang salah satu dari dari bahasa yang paling digunakan di karya seni ini.

Asal - usul

Genre ini muncul pada tahun 2011 dari komunitas online dan mendapatkan popularitas melalui situs web Bandcamp, Soundcloud, Last.fm, 4chan, dan Macintosh Café Agora Road. Kenaikan popularitasnya bertepatan dengan penurunan Seapunk dan keduanya memiliki kemiripan yang sama.

Perbedaan utama antara Seapunk dan Vaporwave adalah Seapunk lebih terfokus pada gambar CG awal 90an dan kehidupan akuatik, sedangkan Vaporawave memberikan jaringan yang lebih luas , memilih untuk menyoroti periode akhir 80-an hingga akhir 2000-an. Tetapi banyak yang secara umum menandai 11 september 2001 sebagai titik alhir untuk periode dimana Vaporwave berpusat.

https://www.instagram.com/roohuja/
https://www.instagram.com/roohuja/
(foto tersebut milik: Roohuja)

Contoh Penerapan Vaporwave dalam media 

Musik

Musik Vaporwave pertama kali dicirikan oleh banyaknya penggunaan sampel dari musik tahun 1980-an dan 1990-an, biasanya lounge, smooth jazz atau Muzak. Sampel sering kali bernada rendah, berlapis, potongan musik atau gabungan simple beat lain. Namun, vaporwave telah mulai memasukkan komposisi yang lebih orisinal dengan fokus utama pada suasana. Artis juga mulai berkreasi dengan media fisik tempat mereka menjual album, mulai dari yang konvensional (vinyl dan kaset) hingga yang tidak biasa (Minidisk dan floppy disk).

Fashion

Salah satu aspek dari vaporwave yang jarang dibicarakan adalah vaporfashion atau distro fashion yang terinspirasi dari style vaporwave estetik. Ini termasuk brand yang popular pada era 80 dan 90an seperti Nike, Esprit, Fila, Adidas dll.

Video Game

Vaporwave secara kebetulan juga hadir dan berkembang cukup kuat pada video game terutama di game indie, salah satu contoh yang popular adalah Broken Reality dan Mall Quest, adapun game yang dikooptasi oleh adegan vaporwave itu sendiri seperti game pada era Nintendo, Nintendo 64 dan era PS1 yang sangat erat dengan adegan tersebut.

Film dan Series

Sebagian besar hiburan ala vaporwave berupa film dan serial diupload di media streaming seperti Youtube

https://www.heroscreen.cc/2019/11/aesthetic-vaporwave-phone-wallpaper.html
https://www.heroscreen.cc/2019/11/aesthetic-vaporwave-phone-wallpaper.html

Alasan Mengapa Genre Ini Banyak Disukai

Salah satu opini saya mengapa genre ini banyak disukai dikarenakan itu semua menggabungkan perasaan dan emosi berupa senang, sedih dan tenang pada waktu yang bersamaan, dan memberikan nuansa nostalgia pada kehidupan sehari-hari ter khusus oleh orang yang lahir era 80 dan 90an.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun