Humaniora

Pemuda Harus Yakin dan Optimis

17 April 2018   16:29 Diperbarui: 17 April 2018   17:44 143 0 0
Pemuda Harus Yakin dan Optimis
dokpri


Pada saat ini berbagai sikap pesimisme sedang melanda Negara kita, Negara Indonesia, dimana sikap pesimisme ini justru dating dari negarawan yang sangat kita kenal, beliau mengatakan tahun 2030 Indonesia akan Bubar yang dikutipnya dari luar bangsa kita. 

Hal itu menimbulkan kegaduhan politik diberbagai media maupun tokoh negarawan, namun kita sebagai pemuda harus dapat mengambil intisari dari perkataan tersebut, yang dimana kita harus mampu memandang dari berbagai perspektif sehingga kita tidak kaku dalam menjawab segala persoalan, bangsa ini akan benar-benar bubar apabila para pemuda tidak turut andil dalam dinamika berkebangsaan dan memiliki sikap pesimistis dalam bernegara.

Sikap pesimisme pemuda yang sering terjadi saat ini cenderung ada pada kalangan yang tidak peduli akan bangsanya. Mereka telah terisolasi oleh budaya barat dan paham neoliberalismenya. Dengan campur tangan asing, Negara kita seakan masih saja terjajah.

Bayangkan, perusahaan-perusahaan multinasional semakin merajalela membajak lapangan pekerjaan di Negara kita. Itu semua disebabkan pesimisme pemuda kita. Kita sebagai pemuda harus yakin dapat menumbuhkan semangat optimisime pada masyarakat. Kita harus memulai pergerakan optimisme demi kemajuan bangsa Indonesia.

Sikap keyakinan dan optimisme pada pemuda-pemuda bangsa harus segera digerakkan, kita harus yakin Negara ini bisa maju dan menjadi pesaing utama Negara-negara adidaya diluar sana. 

Efek globalisasi jangan dijadikan alasan atas terjadinya krisis optimisme di Indonesia. Optimis bahwa sumber daya manusia yang kita miliki merupakan salah satu manusia-manusia terbaik yang ada di dunia. 

Ketertinggalan teknologi, ekonomi, maupun pertahanan dan keamanan bisa kita kejar dengan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya sumber daya alam yang dimiliki Negara ini.

Pergerakan pemuda dalam menyebarkan sikap optimisme pada bangsa bisa direalisasikan dengan gencar membuat lapangan pekerjaan dan bekerjasama membangun Negara dengan rasa glora untuk berkebangsaan. 

Berantas pemerintahan yang bobrok karena korupsi dimana-mana dengan menghukum seberat-beratnya oknum yang tidak bertanggungjawab. Suarakan sikap optimisme di setiap jiwa para pemuda Indonesia. 

Coba bayangkan, apabila blok migas kita yang sangat banyak bertebaran di seluruh wilayah negeri bisa kita kelola dan kuasai sendiri tanpa bantuan asing, saya yakin tidak sampai 20 tahun lagi kita bisa menjadi Negara adidaya. Optimis bahwa kita bisa mengelola sumber daya alam Negara kita sendiri. Yakin dan optimis bahwa pemuda-pemuda Indonesia mampu mengelola Negara ini dari ujung Sabang sampai Merauke.

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kuat.

Kita mempunyai sumber daya alam yang kaya raya.

Kita mempunyai keindahan hutan hujan tropi.

Kita merupakan Negara maritim terbesar di dunia.

Kita mempunyai stok pemuda-pemudi yang memiliki jiwa optimis yang tinggi dalam berkebangsaan.

Kita bangsa Indonesia mempunyai kekuatan yang disegani.