Mohon tunggu...
Dadung DanaDewata
Dadung DanaDewata Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Fakultas Hukum

Mahasiswa KKN UNEJ

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN UNEJ Tingkatkan Pengetahuan Digitalisasi Marketing kepada Pelaku Usaha UMKM

1 September 2021   22:02 Diperbarui: 1 September 2021   22:07 228
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk implementasi mahasiswa atas ilmu yang diterima dengan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu Universitas yang saat ini melakukan KKN adalah Universitas Jember dengan jumlah 3.701 mahasiswa yang diterjunkan dalam rentang waktu pelaksanaan 30 hari

KKN Universitas Jember menggunakan konsep KKN Back To Village III, mengingat pandemi covid-19 masih melanda serta masih ada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sehingga mahasiswa diharuskan melakukan kegiatan KKN secara mandiri di daerah tempat tinggal masing-masing. Salah satu daerah yang menjadi sasaran mahasiswa melaksanakan KKN Back To Village III adalah Kabupaten Jember

Dokpri
Dokpri

Salah satu kelompok KKN Back To Village III yaitu kelompok 39 di pimpin oleh Ns. Mashuri M. Kep sebagai Dosen Pembimbing Lapang (DPL). Salah satu Mahasiswa di kelompok tersebut yaitu Dadung Dana Dewata melakukan KKN di Desa Kaliwates, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, dengan menggunakan Tematik Program Pemberdayaan wirausaha Masyarakat Terdampak COVID-19. 

Program tersebut dilaksanakan mulai tanggal 12 Agustus  2021 sampai dengan 9 September 2021. Dalam pelaksanaan program kerja KKN, Mahasiswa dianjurkan tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. 

Permasalahan yang terjadi ddiKelurahan Kaliwates, Kecamatan Kaliwates, Kabupate Jember yakni kurangnya pengetahuan penerapan Digitalisasi Marketing di beberapa pelaku Usaha UMKM. 

Salah satu dampak yang terjadi adalah pelaku usaha UMKM kurang memiliki jangkauan yang luas dan memiliki pendapatan yang kurang memuaskan. 

Dengan adanya permasalahan tersebut Dading Dana Dewata berkeinginan untuk merancang program sosialisasi tentang pentingnya Digitalisasi Marketing dengan upaya meningkatkan pengetahuan tentang Digital Marketing dalam manajemen pemasaran. 

Program kerja yang direncanakan yakni melaksanakan sosialisasi dan pelatihan Digital  Marketing secara Mandiri. Pada awalnya, Dadung akan melakukan observasi tentang manajemen pemasaran yang digunakan oleh pelaku usaha. 

Tahap sosialisasi dilakukan guna meningkatkan kesadaran pelaku usaha  UMKM akan manajemen pemasaran Digital beserta memberi inovasi untuk usahanya. Ide inovasi yang diberikan adalah bagaimana cara menggunakan Media pemasaran digital agar lebih efektif, inovasi tersebut akan menarik perhatian pelanggan untuk menggunakan barang atau jasa dari pelaku usaha. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun