Mohon tunggu...
abc
abc Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Idola Generasi Milenial, Raih Popularitas bersama Teknologi

22 Februari 2019   15:09 Diperbarui: 22 Februari 2019   15:45 0 15 19 Mohon Tunggu...
Idola Generasi Milenial, Raih Popularitas bersama Teknologi
Berbagai sumber, olah pribadi | source : instagram

Halo saudara sebangsa dan setanah air, gimana kabar kalian semua? Hope you guys are feeling well and doing well, ya. Untuk mengisi hari kalian di selang-selang jam istirahat, sambil minum kopi atau teh dan pisang goreng di warung kesayangan, kita akan membahas topik yang lagi hangat sehangat pelukan ibu.

Nama-nama berikut pasti sudah cukup familiar di telinga kalian: Atta Halilintar dan Raditya Dika. Darimana sih kalian tahu mereka? Kebanyakan dari kalian pertama kali tau mereka dari sosial media. Di masa sekarang ini, dengan teknologi yang semakin canggih, tak sulit bagi kita untuk sekedar tahu atau bahkan mengenal orang lain dari sosial media seperti twitter, instagram, dan youtube.

Fenomena "Artis Zaman Now" dan "YouTuber" lagi happening banget sekarang ini dengan kepiawaian mereka dalam memanfaatkan sosial media untuk menunjang nama mereka dan berinteraksi dengan followers atau subscribers yang tertarik sama konten mereka. Perkembangan teknologi yang pesat terutama dalam meluasnya jaringan internet mempermudah kita untuk berkomunikasi dengan banyak orang, dan semakin dipermudah dengan adanya sosial media.

Sekarang ini, sosial media semakin digandrungi oleh berbagai pihak, nggak kenal usia, gender, status, kamu boleh banget eksis di sosial media. Karena itu, banyak orang yang memanfaatkan sosial media untuk membagikan karya mereka. Nggak cuma itu, kita juga bisa menghasilkan pundi-pundi emas dari medsos. Sering banget kita lihat konten seperti "Prank" atau "Q n A" di YouTube yang sederhana namun bisa mengundang banyak AdSense yang menguntungkan creatornya.

Nggak mau kalah, para artis mulai menyentuh dunia medsos supaya bisa mempertahankan popularitasnya, karena televisi sudah mulai ditinggalkan sebab dianggap sudah tidak seseru dulu lagi. Padahal, artis zaman now memiliki kreativitas yang patut diacungi jempol dan karya yang berbobot dan bisa kita jadiin inspirasi.

Menurut KBBI, artis dapat diartikan sebagai ahli seni; seniman, seniwati (seperti penyanyi, pemain film, pelukis, pemain drama). Sedangkan, pengertian kata YouTuber diambil dari aplikasi "YouTube" dan diberi tambahan --er di belakangnya yang merujuk pada orang yang aktif menggunakan akun mereka dalam aplikasi youtube.

YouTuber sekarang ini digadang-gadang sebagai profesi baru, pencarian lahan para generasi milenial dengan (minimal) alat perekam dan konten kreatif. Dengan slogan "kreativitas tanpa batas", kita dapat mengekspresikan segala bentuk kreativitas dan dikemas dalam bentuk audiovisual, bahkan kita bisa menghasilkan rupiah dari video kita! Contohnya aja Atta Halilintar, YouTubers dengan 11 juta subscribers, kalo diitung-itung Atta dengan video-nya yang mencapai jumlah lebih dari 230 sudah menghasilkan 4,5 miliar.

Nggak perlu wara-wiri di TV 24 jam atau ke sana-sini untuk promosi film, Atta udah bisa nyicil buat beli rumah mewah di Pondok Indah. Dan karena fenomena YouTube yang cukup meracun sekarang, banyak kreator yang membuat konten asal tanpa menghiraukan kreativitas dan hanya mementingkan bagaimana mereka bisa menggaet banyak subscribers dan tentunya, menghasilkan uang.

Walau nggak semua kreator begitu, nggak bisa kita pungkiri banyak YouTuber yang hanya mengandalkan bomb likes tanpa berusaha untuk bikin karya yang keren dan berbobot. Sering kita lihat video dengan judul clickbait masuk ke daftar trending YouTube, mengalahkan video yang memang mengandalkan sinematografi dan naskah yang diproduksi dengan matang.

Artis Zaman Now yang sering muncul di televisi tapi nggak punya sosial media akan kalah pamor dengan para YouTubers, karena sekarang ini televisi sudah mulai tergantikan dengan YouTube. Padahal, Artis Zaman Now juga nggak kalah keren dari YouTubers. Para artis harus bisa menyesuaikan perkembangan zaman dengan memanfaatkan teknologi.

Contohnya, Raditya Dika, seorang artis yang mengawali karir sebagai novelis, komedian, dan pemain film dengan segudang kreativitas mempromosikan karyanya dengan nge-tweet hal lucu dan secara tidak langsung mempromosikan diri dan karyanya. Setelah itu, Ia mulai merambah Instagram dan YouTube untuk mengeksplor lebih kreativitas dan bakatnya. Sambil menyelam minum soft drink, banyak artis yang menggunakan medsos mereka untuk endorse pun memamerkan kegiatan mereka kepada para fans-fansnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2