Mohon tunggu...
Cut Syafira Aldina
Cut Syafira Aldina Mohon Tunggu... Fresh Graduate

Writer - Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Al-Hikmah - Content Creator di instagram @cutsyafiraa - Alumni Sekolah Pemikiran Islam - Alumni Komunitas Menulis Online - Alumni Kelas Ngedit Online KMO

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Upgrade Otak Saat Pandemi, Inilah Rekomendasi Channel Youtube Bikin Kritis

11 Maret 2021   16:01 Diperbarui: 11 Maret 2021   16:51 264 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Upgrade Otak Saat Pandemi, Inilah Rekomendasi Channel Youtube Bikin Kritis
pixabay.com

Saya heran, selama pandemi moral bangsa jadi makin turun bukan malah membaik. Mulai dari netizen yang suka banget ngurusin hidup artis, trending youtube yang gak bermanfaat sama sekali, sampai kehidupan orang luar negeri yang jadi bual-bualan hangat netijen Indonesia berminggu-minggu. Salah satu faktornya karena kita lagi pada bosen banget habisin waktu selama setahun dengan rutinitas yang sama. Apalagi bagi mahasiswa semester akhir yang skripsinya gak di-aprove sama dosen sampai gak bisa ikutan wisuda tahun ini.

Berakhir dengan pasrah wee dengan kondisi. Gulir teruss itu gawai sampai mata merah, dengan gak ngikutin berita hangat para artis yang jadi korban selingkuh kayaknya gak bisa bernapas gitu. Padahal banyak channel youtube yang bikin kita jadi lebih kritis dan berubah haluan dari julid menjadi kaum intelek. Mau tau? Yuk simak 5 rekomendasinya:

  • Gita Wirjawan

Salah satu konten yang dibawa Pak Gita dengan judul Endgame sangat menarik untuk mengasah otak. Membuka cakrawala millennials agar lebih produktif, empati pada lingkungan, semangat bekerja, insight tentang bisnis, entertainment, serta ilmu-ilmu tentang pendidikan di Indonesia. Kalau mau menonton video dengan lighting yang baik, sound jelas dan isi percakapan yang berisi, Channel Pak Gita sangat tepat untuk menjadi pilihan. Bukan hanya itu, isi obrolannya juga berisi serta mampu memberikan value bagi pendengar. Tidak hanya ketawa-ketawa tanpa nilai yang terkandung, malah memberikan dampak buruk seperti mengobrol sambil minum amer misalkan. Canda amer.

  • Remotivi

Untuk pecinta dunia julid akan keanehan sinetron-sinetron Indonesia, Remotivi mewakili kalian wahai netijen. Bedanya kaum intelektual dengan kaum asal nyablak adalah riset yang panjang dari berbagai jurnal. Bagi Remotivi, industri televisi belum mampu menyuguhkan tayangan yang informatif, mendidik, dan menghibur tanpa melecehkan pihak lain. Bahkan Rapotivi lahir sebagai wadah aduan masyarakat yang melihat tayangan-tayangan dengan unsur pelanggaran privasi, pelanggaran kekerasan dan eksploitasi media yang dilakukan oleh pemilik untuk kepentingan politis. Jika kita sibuk berkomentar betapa tidak masuk akalnya adegan tabrakan tokoh utama yang terkesan dipaksa dengan julidan tiada henti, maka Remotivi berhasil merangkum segala masalah Layar kaca dengan video yang rata-rata berdurasi delapan menit tapi padat wawasan.

  • Gita Savitri Devi

Saya sendiri sudah lama tidak mengikuti channelnya Gitasav. Karena makin kesini, penyampaian Gitasav terlalu mengintimidasi perempuan-perempuan konservatif dengan argument yang saya rasa kurang pantas. Apalagi beberapa pemikirannya yang tercampur dengan budaya luar berhasil menunjukkan jati dirinya. Lalu kenapa saya rekomendasi kan? karena untuk temen-temen yang mau berpikir kritis, mendengar pola pikir yang disampaikan Gitasav bisa membentuk pola pikir temen-temen untuk kritis. Salah satu videonya yang membahas tentang Critical thinking berjudul: Gimana caranya Berpikir Kritis? Beropini eps. 53.

Sekali lagi, saya tidak menganjurkan temen-temen menelan mentah-mentah apa yang dikatakan Gitasav dalam segmen beropini episode apapun. Tapi yang saya rekomendasikan adalah caranya membuat pola kritis di dalam otak.

  • Murabbians

Jika channel Gitasav dalam konten beropini banyak berpendapat tentang Humanity in the liberalis way wkwk, maka Channel Murabbians menjadi jawaban paling tepat untuk teman-teman dengarkan. Kemanusiaan seperti apa yang seharusnya kita jalani? Sampai mana batas kemanusiannya? Maka saya merekomendasikan tayangan video kajian Ustad Akmal Sjafril-pendiri Indonesia Tanpa JIL-yang berada di channel ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x