Mohon tunggu...
Cucum Suminar
Cucum Suminar Mohon Tunggu... Kompasianer

Belajar dari menulis dan membaca. Twitter: @cu2m_suminar

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Artikel Utama

Menggerek Ekonomi Batam, Benarkah Ex Officio Solusi Terbaik?

7 Februari 2019   13:44 Diperbarui: 8 Februari 2019   08:10 0 5 3 Mohon Tunggu...
Menggerek Ekonomi Batam, Benarkah Ex Officio Solusi Terbaik?
Batamcentre, Batam. | Dokumentasi ATB

Bila sesuai dengan rencana Dewan Kawasan, akan ada sejarah baru di Batam, Kepulauan Riau. Dua lembaga pemerintahan akan dipimpin oleh satu orang yang sama, yakni Walikota. Kepala BP Batam tak lagi ditunjuk dan dipilih oleh Dewan Kawasan, tetapi akan otomatis dirangkap langsung oleh Walikota Batam.

Meski proses menuju ex officio tersebut sudah mulai berjalan, pro dan kontra masih ada. Banyak yang mendukung, tak sedikit juga yang menolak. Pihak yang tidak setuju bahkan sempat memasang spanduk di jalanan utama Kota Batam, menyuarakan penolakan dalam bentuk tulisan singkat.

Baca Juga: Tepatkah Melebur BP Batam-Pemko Batam? 

Walaupun ada yang menolak, pemerintah pusat tetap kukuh "menuju" ex-officio. Saat ini, Kepala BP Batam sementara, bahkan sudah dilantik. Jabatannya hanya akan berlangsung selama empat bulan, dari Januari hingga April 2019. 

Tugas utamanya adalah melakukan sinkronisasi dan koordinasi pelaksanaan tugas pengelolaan, pengembangan dan pembangunan BP Batam selama masa transisi.

Pemerintah pusat menilai, menjadikan Walikota Batam sebagai Ex Officio Kepala BP Batam merupakan jalan keluar paling tepat. Dengan "dipegangnya" dua instansi pemerintahan oleh satu orang yang sama, diharapkan pertumbuhan ekonomi di Batam akan lebih optimal. Tidak ada lagi yang akan menghambat investasi karena dualisme kewenangan.

Fokus Kembangkan Industri, Jabatan Sebaiknya Dipisah

Mengembangkan daerah industri itu bukan hal mudah. Terlebih ada target khusus. Perlu upaya ekstra dan fokus. Demikian juga dengan masalah kependudukan dan pelayanan kepada masyarakat, bukan hal sederhana. Ada banyak hal yang harus dipikirkan, dilakukan, dan direalisasikan, agar hasilnya lebih optimal.

Baca Juga: Mengkaji Pembubaran BP Batam 

Selama menjabat sebagai Walikota dan Ex Officio Kepala BP Batam, pasti akan ada deputi dan kepala dinas yang membantu. Deputi dan kepala dinas juga pasti akan memberikan ide untuk berbagai program. Mereka juga tentu akan menyokong terlaksananya program tersebut. 

Namun, bukankah akan lebih maksimal bila dipikirkan dan dijalankan oleh satu orang dari pimpinan masing-masing?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3