Mohon tunggu...
Luthfi Anggoro W
Luthfi Anggoro W Mohon Tunggu... Freelancer - Ya karyawan, ya penulis artikel. Hehehe

Ya karyawan, ya penulis artikel. Hehehe

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Kenali Jenis Kabel Berdasarkan Kegunaan dan Inti Tembaganya

10 April 2024   22:25 Diperbarui: 10 April 2024   22:34 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Pixabay dengan edit pribadi

Listrik adalah kebutuhan utama di zaman modern sehingga menjadikan kabel listrik sebagai komponen yang vital. Terdapat banyak jenis kabel listrik yang bisa digunakan di bangunan komersial atau individu.

Seiring dengan penggunaan listrik, pemahaman mengenai berbagai kabel listrik dan perangkat elektronik menjadi hal yang krusial. Mulai dari mengisi daya baterai ponsel dan mengoperasikan lampu membutuhkan kabel listrik.

Jenis Kabel Listrik beserta Kegunaannya

Kabel listrik adalah rangkaian konduktor yang biasa digunakan untuk menghantar arus listrik dari satu titik menuju titik lainnya. Jenis kabel listrik berbeda-beda tergantung dari aplikasinya, berikut ini beberapa jenis tersebut.

Kabel Listrik Fleksibel

Nama lainnya adalah kabel listrik fleksibel atau disebut dengan NYA yang dirancang sesuai dengan kebutuhan aplikasi. Biasanya digunakan pada aplikasi yang membutuhkan kabel yang bisa ditekuk tanpa perlu merusak struktur kabel.

Kabel Listrik Tahan Api

Kabel listrik tahan api adalah jenis kabel listrik yang memiliki nama lain N2XH yang dikembangkan dengan keamanan tinggi. Jenis kabel biasanya digunakan di area yang membutuhkan perlindungan dari kebakaran.

Contohnya adalah pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan gedung-gedung umum. Kabel ini memiliki bahan isolasi yang dilapisi dengan pelindung khusus sehingga tidak mudah terbakar.

Kabel Listrik Telepon

Twisted pair adalah kabel listrik telepon yang biasanya digunakan untuk transmisi sinyal data dan suara pada jaringan komunikasi dan jaringan telepon. Kabel ini terdiri dari pasangan konduktor yang dililit bersamaan dengan interferensi elektromagentik.

Kabel Listrik Instrumentasi

Nama lain jenis kabel listrik satu ini adalah TCW dan TIW yang digunakan untuk transmisi sinyal pengukuran dan kontrol pada sistem otomatisasi industri. Kabel ini dilapisi dengan material isolasi yang bisa tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan.

Kabel Listrik High Temperature

Berikutnya adalah kabel listrik high temperature atau nama lainnya adalah TGGT, MG. Kabel ini didesain agar bisa digunakan pada suhu tinggi dan lingkungan yang membutuhkan panas ekstrem.

Biasanya kabel listrik dengan temperatur tinggi ini digunakan di pembangkit listrik, industri metalurgi, dan pabrik-pabrik kimia.

Kabel Listrik LAN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun