Mohon tunggu...
Muhammad Zulfadli
Muhammad Zulfadli Mohon Tunggu... Lainnya - Catatan Ringan

Pemula

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Catatan Putaran Grup Piala Dunia 2022

3 Desember 2022   19:50 Diperbarui: 3 Desember 2022   20:27 229
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(sumber:Image https://www.victorynews.id/)

Pertandingan babak penyisihan Piala Dunia Qatar 2022 telah berakhir pada Jumat 2 Desember 2022.

32 negara dalam delapan grup menyelesaikan 48 pertandingan, dan telah mendapatkan 16 berhasil maju ke babak gugur. 16 negara lain tersisih, termasuk Qatar, prestasi tuan rumah paling buruk dalam sejarah penyelenggaraan Piala Dunia.

Komposisinya sebagai berikut: 8 negara Eropa, 3 negara Asia-Pasifik, 2 wakil Conmebol, 2 Afrika, dan 1 dari Concacaf. Zona Asia paling meningkat jika melihat hasil Piala Dunia sebelumnya.

Dari kedelapan grup, ada yang sesuai prediksi, tapi lebih banyak menghasilkan kejutan besar. Deretan pertandingan membuktikan bahwa ini adalah Piala Dunia paling menghebohkan dengan kejutan-kejutan ajaibnya.

Kita pun semakin paham, sepak bola bukan permainan yang sepenuhnya rasional dan matematis. Reputasi sebuah tim tak berlaku lagi di atas lapangan Piala Dunia. Jerman, juara dunia empat kali disisihkan Jepang dan Spanyol di Grup E yang sangat keras hingga menit terakhir.

Juga Belgia dengan materi pemain klub elite Eropa disingkirkan Maroko dan Kroasia di Grup F. Terakhir malam tadi Uruguay, juara dua kali Piala Dunia harus angkat koper lebih cepat, meskipun menang 2-0 atas Ghana, karena saat bersamaan Korea Selatan menang dramatis atas Portugal di menit akhir pertandingan penentuan Grup H.

Piala Dunia 2022 cenderung kembali mengarah ke benua Eropa. Konfederasi ini dipastikan mengisi 2 tiket perempat final, karena pada babak 16 besar dua laga mempertemukan negara UEFA yakni Perancis ditantang Polandia, dan Portugal bertemu La Nati Swiss. Mereka sepertinya paham benar bagaimana unjuk kekuatan di panggung besar.

Pasukan "Ayam Jantan" Perancis sebagai kandidat terkuat ditantang Polandia yang lolos dengan "keberuntungan" di Grup C. Jika Perancis menang akan berhadapan dengan pemenang laga Inggris melawan Senegal, "Singa Terangga". Semestinya, Inggris bisa menang, dan kemudian bertemu Perancis. Laga raksasa Eropa Inggris melawan Perancis  tentu sangat menarik. Duel yang mengingatkan rivalitas yang sudah lama tidak bertemu di ajang besar.

Di bagian bawah, Spanyol yang dituduh "mengalah" dari Jepang di laga penentuan Grup E, untuk memilih jalur berbeda, akan berhadapan dengan Maroko, wakil Arfika yang menjadi juara Grup F mengungguli Kroasia dan memulangkan Belgia.

Tentu saja Spanyol diunggulkan menghentikan terjangan tim "Singa Atlas" Maroko. La Roja dengan materi dan pengalaman yang dimiliki diyakini masih bisa melewati teror Maroko. Namun ini laga knockout Piala Dunia, tak ada yang mudah, tak pernah berhenti tercipta kejutan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun