Mohon tunggu...
Wiwik Setyaningsih
Wiwik Setyaningsih Mohon Tunggu... -

aku wiwik

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Tren #Hastag Marketing

3 November 2014   21:59 Diperbarui: 17 Juni 2015   18:46 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Hastag, pastilah bukan hal yang awam bagi para pengguna socmed. Hashtag pertama kali dipopulerkan pada tahun 2007 oleh Twitter dan selanjutnya dipergunakan oleh Socmed lain juga seperti Facebook, Instagram, Google + dan lain-lain. Hashtag atau yang lebih dikenal sebagai tanda # merupakah kata atau frasa (tanpa spasi) yang diawali dengan simbol # --misalnya #webdeveloper #salamduajari-- yang apabila diklik akan mengumpulakn sekian puluh ribu dari jumlah post yang ada di socmed dengan hashtag yang sama.

Satu dari banyak alasan mengapa mengunakan hashtag apakah Anda tahu kalau hastag dapat menjadi salah satu trik marketing bagi Anda ? karena tak dapat dipungkiri bahwa saat ini hastag telah menjadi salah satu tren #hastag marketing. Hastag dapat menjadi salah satu sarana kampanye/promosi secara tidak langsung bagi produk Anda.  Selain itu hastag juga dapat digunakan untuk  meningkatkan eksposur bisnis, bahkan sering kali digunakan untuk berkomunikasi dengan para konsumen dengan mempergunakan topik-topik yang sesuai dengan brand.  Namun sayangnya masih banyak yang belum menyadari bagaimana cara untuk mempergunakan hashtag secara efekti, bijak dan juga bermanfaat. Berikut adalah beberapa cara untuk mempergunakan hashtag secara baik.


  1. Hastag Singkat, Sederhana, Jelas dan Konsisten

Hastag dapat menjadi salah satu media campaign bagi sebuah produk, pastikan bahwa hastag yang digunakan adalah sngkat, sederhana dan jelas sehingga konsumen dapat dengan mudah mengingat dan juga mencari topik-topik yang sesuai manakala dibutuhkan. Selain itu penggunaan hastag secara konsisten memungkinkan untuk hashtag tersebut nantinya akan banyak dikenal dan digunakan oleh pengguna socmed lain. Jadi dengan kata lain dapat meningkatkan jumlah topik yang terkait dengan hashtag tersebut dalam pencarian.


  1. Hastag dalam topik sesuai dengan brand

Pastikan ketika Anda membuat sebuah hashtag dalam topik sesuai dengan brand yang Anda tawarkan, sehingga ketika pengguna mencari informasi berdasarkan hastag, maka pengguna mendapatkan informasi sesuai yang mereka harapkan.



  1. Hashtag Unik

Buatlah hastag itu menjadi hal yang unik. Berbeda dengan yang lain. Dengan demikian bisa jadi hashtag Anda akan menjadi trend.

Hashtag = Kata Kunci SEO

Hashtag yang dipergunakan secara konsisten dalam topik sama fungsinya seperti kata kunci yang dipergunakan dalam SEO  web Anda. Hashtag dipergunakan untuk mengumpulkan segala macam topik/informasi yang sama sesuai dengan hashtag begitu pula dengan kata kunci dalam SEO yang dipakai untuk memberikan deretan website yang memuat informasi-informasi yang sama sesuai kata kunci.

Hashtag telah menjadi lebih dari sekedar cara untuk mengkategorikan konten atau menambahkan frase untuk update konten. Para Marketer telah menemukan cara baru yang inovatif untuk menggunakan hashtags dengan tujuan untuk mendorong oran-orang untuk melakukan percakapan, memanfaatkan dukungan publik, dan mendapat perhatian untuk brand mereka.

Salam Crocodic.Com

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun