Mohon tunggu...
Kris Fallo
Kris Fallo Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Buku Jalan Pulang, Penerbit Gerbang Media, 2020

Menulis itu pekerjaan keabadian. Pramoedya Ananta Toer berkata:  'Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.' Lewat tulisan kita meninggalkan kisah dan cerita yang tak akan sirna.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Siswa SMPK Don Bosco Atambua, Kembangkan Bakat Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler

2 Oktober 2022   13:43 Diperbarui: 2 Oktober 2022   14:01 412 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Salah Satu kelompok ekstrakurikuler yakni pendampingan untuk pemain biola/ Smpk Don Bosco Atambua. Foto.dok.pri

Upaya sekolah SMPK Don Bosco Atambua untuk mengembangkan minat bakat peserta didik adalah memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler.

Sejalan dengan Misi sekolah yakni: "mengembangkan potensi siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler" maka Siswa/siswi, Don Bosco diberi kesempatan untuk mengembangkan minat bakat yang dimilikinya.

Peserta didik bebas memilih sesuai hobi atau bakat yang dimiliki untuk pengembangan diri. Pilihan ini juga harus mendapat dukungan dari orang tua, agar orang tua bertanggungjawab menyiapkan alat atau sarana bagi siswa sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai contoh, bila siswa memilih untuk melatih gitar, maka orang tua wajib menyiapkan sarana yang dibutuhkan.

Ada beberapa pilihan kegiatan ekstrakurikuler yang diminati siswa SMPK Don Bosco Atambua yakni, kelompok Organ/piano, kelompok gitar, kelompok biola, kelompok teater, kelompok drum band, kelompok basket, kelompok literasi, kelompok Pramuka, kelompok bela diri, kelompok YouTubers, dll.

Pendampingan bagi Kelompok gitar/ Smpk Don Bosco Atambua. Foto.dok.pri
Pendampingan bagi Kelompok gitar/ Smpk Don Bosco Atambua. Foto.dok.pri
Selain itu juga ada juga kelas mata pelajaran MIPA dan Bahasa Inggris. Bagi peserta didik yang merasa membutuhkan diberi kesempatan untuk mengikuti les tambahan yang disiapkan oleh pihak sekolah.

Ketersediaan tenaga pendidik di SMPK Don Bosco Atambua, menjadi peluang yang memungkinkan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler. Sekolah mengambil kebijakan dengan menjadwalkan kegiatan ekstrakurikuler pada sore hari.

Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler ini, dikoordinir oleh bidang Minat Bakat, serta dibawah pengawasan kepala sekolah.

Kegiatan ekstrakurikuler ini merupakan bagian dari perangkat operasional  kurikulum, yang disusun dan dituangkan dalam rencana kerja tahunan/kalender pendidikan di satuan pendidikan.

SMPK Don Bosco menyadari bahwa ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kurikulum standar.

Hal ini sebagai upaya perluasan dari kegiatan kurikulum dan dilakukan di bawah bimbingan sekolah dengan tujuan untuk mengembangkan kepribadian, bakat, minat, dan kemampuan peserta didik yang lebih luas atau di luar minat yang dikembangkan oleh kurikulum.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan