Mohon tunggu...
Crisis CentreULM
Crisis CentreULM Mohon Tunggu... Medis/Kesehatan

Crisis Centre Universitas Lambung Mangkurat

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Penyaluran Donasi dari Meridian (Medical Charity Night) 2020 FK-KMK UGM ke Kalimantan Selatan

11 Februari 2021   19:32 Diperbarui: 11 Februari 2021   19:34 141 1 0 Mohon Tunggu...

Bencana banjir yang melanda beberapa kabupaten di Kalimantan Selatan telah menimbulkan dampak pada banyak sektor baik ekonomi, maupun sosial. Berbagai permasalahan khususnya masalah kesehatan pasca bencana juga mulai bermunculan apalagi di situasi pandemi seperti ini.

Meridian 2020 yang merupakan acara tahunan Fakultas Kedokteran-Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada menggandeng Keluarga Alumni Gadjah Mada Kedokteran/ KAGAMADOK, RSUP Dr. Sardjito dan RS Akademik UGM merupakan program charity rutin tahunan. Acara yang diselenggarakan FK-KMK UGM dikemas dalam bentuk Seminar Series dan konser amal (Medical Charity Night) dimana seluruh pembelian tiketnya disumbangkan dalam bentuk donasi kepada tenaga kesehatan dan masyarakat terdampak covid maupun bencana. 

Meridian 2020 menyalurkan donasi berupa sembako, obat-obatan, perlengkapan tidur, serta alat tulis anak untuk membantu masyarakat pasca banjir. Kolaborasi KAGAMA Kalimantan Selatan dan Ikatan Alumni (IKA) FK ULM dengan Crisis Centre Unit Universitas Lambung (CCeU ULM) Mangkurat yang dikoordinir oleh Dekan FK ULM, Dr. Iwan Aflanie, dr., M.Kes., Sp.F, SH dan tim, bantuan didistribusikan ke daerah Hulu Sungai Tengah dan Barito Kuala (Batola) yang terimbas banjir sehingga diharapkan mengurangi atau mencegah masalah kesehatan baru yang mungkin muncul.

Kegiatan ini merupakan respon aktif yang diberikan civitas akademika ULM dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai masyarakat ilmiah melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan. Berbagai kegiatan yang dilakukan seperti  Kegiatan pemberian donasi, pengobatan, serta dukungan psikologis awal didukung oleh Tim Relawan yang berasal dari WANADRI, Rescue ULM, IOF, Prokami, IDI, IDAI, HIMPSI, BEM ULM, BEM FH ULM, BEM FK ULM, TBM-Cs, serta TENSI di daerah Hantakan Pasar, Alat, Alat Seberang, Waki, Batu Tunggal, Patikalain, Cabi, Papagaran dan Awang Landas, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

 Kegiatan ini menunjukkan adanya komunikasi dan sinergi yg baik antara  perguruan tinggi dengan organisasi profesi,  organisasi kemanusiaan dan masyarakat, ungkap Iwan Aflanie selaku coordinator CCeU ULM, ungkap Iwan Aflanie selaku coordinator CCeU ULM. 

Menurut Fauzie Rahman, Selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FK ULM, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian KAGAMA Kalimantan Selatan dan Ikatan Alumni (IKA) FK ULM terhadap kondisi yang terjadi dan memberikan respon pada masa pemulihan awal, dan diharapkan peran alumni yang berasal dari daerah setempat tergerak dan akan lebih peduli dengan kondisi yang harus terjadi sesuai dengan kebutuhan wilayah

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Selain donasi untuk daerah terdampak bencana, seperti Kalimantan Selatan, Mamuju dan Jawa Barat, donasi lain berupa Alat Perlindungan Diri (APD) juga disalurkan ke beberapa daerah di luar Jawa seperti Papua, Lombok, Kalimantan Timur, Sulawesi, Deli Serdang dll melalui alumni-alumni yang berada didaerah tersebut. Meridian bersama Fakultas Kedokteran-Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada, KAGAMADOK, RSUP Dr. Sardjito dan RS Akademik UGM tetap berkomitmen dan terus berkontribusi melalui aksi-aksi sosial bagi masyarakat yang membutuhkan sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya pengabdian kepada masyarakat.

Redaksi = Happy Indah Kusumawati

VIDEO PILIHAN