Mohon tunggu...
Cornelius Ronan Febrilian
Cornelius Ronan Febrilian Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Katolik Musi Charitas

Futsal/Kalem/Mie ayam.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Starlink Melesatkan Pendidikan Indonesia

28 Mei 2024   14:47 Diperbarui: 28 Mei 2024   17:14 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Akhir-akhir ini di negara kita sedang viral tentang perangkat yang bernama STARLINK. Dikutip dari detikinet Starlink adalah konstelasi satelit internet yang dioperasikan oleh SpaceX untuk menyediakan sistem komunikasi internet berbasis satelit ke berbagai wilayah yang ada di Bumi. Dengan masukknya starlink di Indonesia tentu akan dapat mengatasi masalah-masalah akses internet didaerah-daerah pelosok negeri kita.

Lalu, apa hubungannya dengan Pendidikan?

Kita tau bahwa dengan mengakses internet kita dapat berkomunikasi dan berbagi informasi tanpa mengenal jarak dan waktu. Hal ini tentu berguna untuk menyalurkan komunikasi dan informasi ke daerah-daerah pelosok Indonesia. Jika semua itu berhubungan dengan baik maka komunikasi kedaerah-daerah pelosok akan tersalur dengan baik juga.

Dengan adanya starlink, sekolah-sekolah di pelosok negeri dapat memanfaatkannya untuk mengakses internet yang sebelumnya sulit di jangkau. Hal ini jelas berdampak positif bagi anak-anak yang bersekolah di tempat-tempat yang sulit akan akses internet. Anak-anak akan mendapat pengetahuan atau informasi-informasi yang sebelumnya susah untuk mereka dapatkan. Dari situ Pendidikan di Indonesia akan berkembang dengan pengetahuan yang meraka dapatkan.

Selain itu pemerintah pusat juga dapat mendengar keluh kesah mereka melalui platfom-platfom tertentu tanpa harus bertemu secara langsung. Maka Pendidikan di Indonesia akan semakin berbenah dan kualitas anak bangsa akan semakin meningkat. 


Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun