Mohon tunggu...
Saedi
Saedi Mohon Tunggu... Jurnalis - coretan pena

menulislah karna pena tidak akan pernah habis

Selanjutnya

Tutup

Financial

Pasar yang Baik Menurut Islam

24 Mei 2019   23:44 Diperbarui: 24 Mei 2019   23:50 1212
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

BAB I

Pendahuluan

  • Latar Belakang
  • Aktivitas ekonomi seperti produksi,distribusi,konsumsi pemasarn impor-ekspor tidak lepas dari titik tolak ketuhanan dan bertujuan akhir untuk tuhan. Kalau seorang muslim bekerja dalam bidang produksi atau pemasaran maka itu tidak lain karena ingin memenuhi perintah Allah SWT.[1]
  •  
  • "dialah yang menjadikan bumi ini mudah Bagi kamu. Maka berjalanlah disegala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-nya dan hanya kepadanyalah kamu (kembali setelah) dibangkitkan." (QS AL-MULK: 15)[2] 
  •  
  • Ketika menanam, seorang muslim merasa bahwa yang ia kerjakan adalh ibadah Karena Allah,. Begitu juga ketika ia sedang membajak, menganyam, ataupun berdagang. Makin tekun ia bekerja makin taqwa ia kepada allah, bertambah rapi pekerjaannya, bertambah dekat ia kepada Allah SWT. Karena itu tidak salah kalau kemudian dikatakan bahwa islam adalah agama yang universal, mengatur seluruh aspek kehidupan manusia, baik yang bersifat ibadah maupun muamalah. Begitu pula ekonomi dalam islam diatur bagaimana perilaku konsumen dan produsen dalam menjalankan aktivitas ekonomi mereka. Interaksi-interaksi mereka dalam pasar diatur agar tidak  terjadi market power yang menguntungkan satu pihak . dalam struktur pasar islami, memang ada kebebasan dalam berekonomi, namun masih dibatasi dengan aturan-aturan tanpa mengabaikan prinsip tanggung jawab dan keadilan.
  •  
  • Struktur pasar secara sederhana merupakan kumpulan berbagai faktor yang mempengaruhi tingkat kompetensi dipasar, struktur pasar ditentukan oleh berbagai faktor seperti jumlah penjual dan pembeli, pangsa pasar, tingkat penguasaan teknologi,elastisitas permintaan terhadap suatu produk, lokasi, hambatan masuk pasar, tingkat efisiensi serta beberapa faktor lainnya. Jenis struktur pasar yang berbeda secar ekstrim, yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna, termasuk dalam pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar monopoli, pasar oligopoly, dan pasar persaingan monopolistik.
  •  
  • Struktur pasar mempengaruhi kemampuan produsen atau pedagang dalam pembetukannya harga. Produsen/pedagang tidak mempunyai kekuatan untuk membentuk/ mempengaruhi harga pada pasar persaingan sempurna (kompetitif), semua pelaku pasar bertindak sebagai price taker. Namun kemampuan untuk mempengaruhi harga tersebut muncul ketika struktur pasarnya tidak sempurna, bahkan produsen/pedagang dapat bertindak sebagai pembentuk harga (price taker) jika struktur pasarnya monopoli.[3]
  •  
  • Terciptanya sebuah pasar yang bersaing secar sempurna adalah impian setiap orang, karena dengam begitu keadilan antara podusen dan konsumen akan tercipta. Adam smith dalam bukunya yang berjudul An Inquiry into the nature and cause of the wealth of nations menyebutkan bahwa, semua rumah tangga dan perusahaan yang berinteraksi dipasar, seolah-olah dibimbing oleh suatu kekuatan atau tangan yang tidak Nampak (invisible hand), sehingga interaksi pasar dapat mengarah pada hasil yang diinginkan[4].
  •  
  • Pasar adalah sebuah mekanisme pertukaran barang dan jasa yang alamiah. Harga pasar dibentuk oleh berbagai faktor yang kemudian membentuk permintaan dan penawaran barang dan jasa, permintaan konsumen dipengaruhi oleh banyak faktor, misalnya harga, pendapatan konsumen, selera, ekspektasi dan tingkat mashlahah. Peawaran produsen juga dipengaruhi oleh banyak faktor, misalnya mashlahah, keuntungan dan harga. Interaksi permintaan dan penawaran akan membentuk titik keseimbangan ini dapat berubah dari sisi permintaan atau penawaran, baik adanya penyimpangan terstruktur maupun penyimpangan tidak tersetruktur.pasar yang bersaing sempurna dapat menhasilkan harga yang adil bagi penjual maupun pembeli. Karenanya, jika mekanisme pasar terganggu, maka harga yang adil tidak akan tercapai. Islam menempatkan pasar pada kedudukan yang penting dalam perekonomian. Islam juga sangat memperhatikan konsep harga yang adil dan mekanisme pasar yang sempurna.
  •  
  • Pasar persaingan  sempurna merupakan strutur yang ideal, karena dianggap diaggap system pasar ini adalah struktur pasar yang akan menjamin terwujudnya kegiatan memproduksi barang atau jasa yang tinggi (optimal)[5]  kondisi ideal dalam pasar adalah apabila penjual dan pembeli mempunyai informasi yang sama tentang barang yang akan diperjual belikan, apabila salah satu pihak tidak mempunyai informasi seperti yang dimiliki oleh pihak lain maka salah satu pihak akan merasa dirugikan dan terjadi kecurangan dan penipuan. Disaat konsumen mengalami kesulitan dalam menilai mutu produk-produk yang ditawarkan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginannya maka harga akan menjadi suatu acuan atau ukuran.[6] 
  •  
  • pasar persaingan sempurna muncul karena adanya prinsip-prinsip yaitu: tidak ada satu penjual tunggal yang mempunyai sumber cukup banyak untuk dapat mempengaruhi harganya di pasar, dan variable mempunyai mobilitas yang tinggi untuk berbagai harga pasar dan penggunaannya relative fleksibel.[7]
  •  
  • Rumusan Masalah
  •  
  • Bagaimanakah pasar yang baik dalam perspektif Islam ?
  •  
  • Bagaimanakah penerapan pasar di lapangan ?
  •  

  •  
  • Tujuan Penelitian
  •  
  • Dapat mengetahui apakah teori pasar sempurna benar-benar ada di pasar
  •  
  • Dapat mengetahui dan memahami pasar yang baik
  •  
  • Manfaat Penelitian
  •  
  • Manfaat teoritis
  •  
  • Secara teoritis, hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dan memperkaya kajian Ilmu, khususnya dalam mata kuliah Ekonomi Mikro Islam untuk mengetahui Suatu Pasar yang sesuai dengan Pasar Persaingan Sempurna pada pasar yang berada di Jember.
  •  
  • Manfaat Praktis
  •  
  • Manfaat bagi pembaca: hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi para pedagang di pasar di mana saat kita berdagang  kita berpedoman pada teori agar tidak terjadi kerugian diantara produsen-konsumen, dan sesama produsen.
  •  
  • Manfaat bagi penulis: hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu dalam penyajian informasi untuk mengadakan penelitian yang serupa.
  •  
  •  
  •  
  • Ruang Lngkup Penelitian
  •  
  • Persangan antar sesama pedagang sayur yang ada di Pasar Tanjug

BAB II

 

KAJIAN TEORI

 

  • Pengertian Pasar Persaingan Sempurna
  • Pasar adalah sekumpulan pembeli dan penjual dari sebuah barang dan jasa tertentu. Para pembeli sebagai sebuah kelompok menentukan permintaan terhadap sebuah produk, dan para penjual sebagai kelompok lainnya menentukan penawaran terhadap produk. Aktivitas usaha yang dilakukan di pasar pada dasarnya akan melibatkan dua subyek pokok, yaitu produsen dan konsumen. Kedua subyek tersebut masing-masing mempunyai peranan yang sangat besar terhadap pembentukan harga barang yang ada di pasar.
  • Kita mengenal berbagai macam bentuk pasar dengan dua batasan ekstrim. Pertama, adalah bentuk pasar persaingan murni (pure competition). Pasar persaingan murni ini merupakan bentuk pasar yang sangat ideal. Kedua, adalah bentuk pasar monopoli murni (pure monopoli).

 

Dalam Pasar Persaingan Sempurna Terdapat 2 Keseimbangan Yaitu: Keseimbangan produsen secara individual akan tercapai apabila keuntungan perusahaan maksimum, Ekuilibrium pasar apabila semua perusahaan dalam posisi ekuilibrium.[8]

 

Dari segi perspektif jangka waktu analisa mengenai bekerjanya pasar persaingan sempurna dibedakan antara : Jangka pendek yang dengan asumsi setiap produsen tidak bisa menambah kapasitas produksinya dan tidak ada produsen baru keluar masuk ke dalam pasar, Jangka panjang dengan asumsi dimungkinkan adanya perluasan kapasitas produk[9]

 

HALAMAN :
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun