Mohon tunggu...
Andi
Andi Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Pengajar Pemula

Cara membuat hidup tidak ribet adalah dengan mengelola dan mengontrol pikiran kita dengan baik

Selanjutnya

Tutup

Diary

Haruskah?

1 September 2022   11:07 Diperbarui: 1 September 2022   11:12 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Akhir-akhir ini, saya sering berpikir terkait "mengasihi siswa". Dulu, ketika saya masih kuliah, hal ini juga sering diperdengarkan. Kemudian, tidak jarang juga dihubungkan dengan Tuhan. Anehnya, saya baru memikirkan hal ini ketika saya sudah mengajar hampir lebih dari setahun. Setahun mungkin masih menjadi waktu yang singkat untuk seorang guru, namun dalam satu tahun itu, saya merasakan banyak hal.

Semakin saya pergumulkan, saya juga terus memikirkan apakah saya bisa mengasihi murid saya atau tidak. Kemudian, muncul lagi pertanyaan mengenai bagaimana bentuk mengasihi itu sebenarnya. Saat ini, saya mengajar siswa-siswa yang memiliki kepribadian unik. Beberapa di antara mereka selalu membuat perasaan saya menjadi hancur. Tindakan mereka yang tidak sesuai dengan instruksi yang diberikan cukup untuk membunuh semangat saya. Belum lagi, ketika mereka tidak mendengarkan apa yang saya jelaskan. Rasanya begitu menjengkelkan.

Mungkin, inilah yang dimaksud dengan proses mengasihi. Setiap hari saya seperti berjuang untuk tidak membenci murid-murid saya, dan saya terus diuji apakah saya masih bisa mengasihi mereka yang terkadang tidak sesuai dengan apa yang saya inginkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun