Mohon tunggu...
ClarestaNihar
ClarestaNihar Mohon Tunggu... Novelis - Novelis

Claresta EarlHedona adalah seorang novelis. Siswa MAN 1 Jombang, Jawa Timur.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Claresta Dona, Siswa MAN 1 Jombang Duta AFS 2022-23 Pertukaran Pelajar Internasional di Hungaria Eropa

25 Juli 2022   17:31 Diperbarui: 25 Juli 2022   17:32 990
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Claresta Dona, Siswa MAN 1 Jombang Duta AFS 2022-23 Pertukaran Pelajar Internasional di Hungaria Eropa (dok. pribadi)

Saya, Claresta Earl Hedona Nihar. Nama panggilan saya, Dona. Saat ini saya duduk di kelas 11 Bahasa, MAN 1 Jombang, Jawa Timur, yang merupakan madrasahnya para juara, hebat bermartabat mandiri berprestasi. Saya terpilih sebagai kandidat program pertukaran pelajar internasional, American Field Service atau lebih dikenal dengan AFS Intercultural Program 2022-2023 Chapter Surabaya, yang diselenggarakan oleh Yayasan Bina Antarbudaya dengan tujuan negara Hungaria, Eropa.



Saya tahu AFS dari Instagram Bina Antarbudaya. Saya mendaftar program Bina Antarbudaya ini tidak sendiri. Ada 11 siswa MAN 1 Jombang yang ikut mendaftar. Kami semua memilih mendaftar di chapter Surabaya. Dan alhamdulillah, saya lolos mengikuti program AFS 2022-2023.

AFS itu apa sih? American Field Service (AFS) adalah organisasi nirlaba internasional berbasis relawan, non-pemerintah, yang menjembatani pembelajaran antar budaya untuk membantu orang mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang diperlukan, untuk menciptakan dunia yang lebih adil dan damai.

Claresta Dona Duta AFS 2022-23 mendapat dukungan penuh dari Kepala Madrasah MAN 1 Jombang, Erma Rahmawati, S.Pd. M.Pd.I (dok. pribadi)
Claresta Dona Duta AFS 2022-23 mendapat dukungan penuh dari Kepala Madrasah MAN 1 Jombang, Erma Rahmawati, S.Pd. M.Pd.I (dok. pribadi)

Sebelum mendaftar AFS, ada hal menarik yang saya lakukan bersama teman-teman, yaitu kegiatan ‘Traktir Project’. Kami membagikan sedekah untuk orang yang lebih membutuhkan di masa Pandemi Covid-19. Kami urunan untuk membeli nasi (rice box) dan minuman, lalu dibagikan kepada masyarakat di sekitar sekolah MAN 1 Jombang.

Kemudian, saya mengikuti seleksi tahap 1, yaitu seleksi berkas. Saya menjawab pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan, pengetahuan tentang program yang dipilih, motivasi diri, serta menjawab beberapa pertanyaan seputar program AFS. Saya dibimbing oleh Miss Puput, guru MAN 1 Jombang, yang juga alumni program Jenesys 2010 ke Jepang.

Claresta Dona Duta AFS 2022-23 bersama peserta program Asia Kakehashi, AFS STEM Global, dan AFS Internasional (dok. pribadi)
Claresta Dona Duta AFS 2022-23 bersama peserta program Asia Kakehashi, AFS STEM Global, dan AFS Internasional (dok. pribadi)
Setelah menunggu beberapa bulan, saya mendapat kabar melalui email bahwa saya dinyatakan 'eligible' untuk melanjutkan tes tahap 2, yaitu Wawancara. Di tahap wawancara ini, hanya saya dan satu teman dari sekolah yang lolos.

Setelah tahap wawancara, alhamdulillah, saya dan satu teman dari MAN 1 Jombang  lolos ke tahap 3, yaitu dinamika kelompok.

Pada tahap dinamika kelompok ini, saya harus bekerja secara tim, dan menyelesaikan topik atas permasalahan yang berikan. Saya menjalani serangkaian tes ini selama 4 bulan. Kemudian, saya mendapat email dari AFS bahwa saya dinyatakan lolos serta menjadi finalis AFS 2022-2023 Chapter Surabaya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun