Mohon tunggu...
Citra Zahra
Citra Zahra Mohon Tunggu... Mahasiswa

Saya citra zahra viramaida

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Dampak dukungan sosial terhadap motivasi memulai usaha pada UMKM

25 Januari 2025   14:17 Diperbarui: 25 Januari 2025   14:17 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Input Keterangan & Sumber Gambar Foto saat dilokasi 

Disini saya mengambil judul tersebutlah karena di Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang sangat beragam, salah satunya adalah seblak. Seblak, makanan khas asal bandung, telah berkembang menjadi salah satu pilihan kuliner favorit di berbagi daerah di Indonesia. Mini riset ini bertujuan untuk mengetahui awal memulai usah tersebut. 

UMKM adalah jenis usaha yang memiliki skala kecil hingga menengah, dilakukan oleh individu, kelompok atau badan usaha yang tidak terafiliasi dengan perusahaan besar. manfaat penelitian ini untuk pembaca sebagai referensi dalam melakukan penelitian lanjutan mengenai cara memulai usaha pada UMKM, serta memberikan motivasi dan gambaran umum kepada pembaca dalam menentukan topik penelitian. 

Lokasi penelitian, Saya melakukan penelitian di Jln. Mars drgahayu No 120 RT 04 RW 22 Kec Cibeunying Kaler. Kota Bandung, Jawa Barat Penelitian mengambil lokas atau tempat ini dengan pertimbangan tugas mini riset Bahasa Indonesia. 

Waktu penelitian yang saya lakukan pada pukul 14.35 15.10 selama 1 kali pertemuan. Untuk waktu pengerjaan terhitung mulai dari 17 Desember 2024-30 Desember 2024 yang diawali dengan melakukan Observasi dan wawancara.

Seblak Teh Ida merupakan usaha kuliner yang didirikan oleh Ida Nurhayati pada tahun 2014. Berlokasi di Jalan Mars Dirgahayu No. 120, RT 01 RW 22, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat, usaha ini lahir dari semangat dan dedikasi Ida setelah sebelumnya bekerja di pabrik. Dengan visi menjadi pilihan utama masyarakat untuk menikmati seblak bercita rasa unik dan berbeda, Seblak Teh Ida terus berkomitmen dalam misinya menyajikan seblak menggunakan bahan segar dan bumbu racikan tradisional berkualitas. Selain itu, usaha ini juga mengutamakan pelayanan yang ramah dan bersahabat kepada setiap pelanggan, serta menjadikan kebersihan, kualitas, dan kejujuran sebagai prinsip utama dalam setiap langkah usaha.

Hasil wawancara dengan bu Ida Nurhayati pada tanggal 23 Desember 2024 dan saya sebagai pewawancara citra zahra. Pemilik dari usaha seblak yaitu bernama Ida nurhayati dengan umur 48 tahun, bu uda adalah seorang ibu rumah tangga yang memulai bisnisnya pada tahun 2014. Warung seblak sederhana di depan rumahnya, hal pertama bu uda terinspirasi oleh kecintaanya  terhadap makanan khas sunda yaitu seblak dan pada saat itu masih jarang sekali yang menjual seblak di daerah itu.

Lalu bu Ida merancang untuk bisa membuat seblak dengan citra rasa yang memadukan rempah-rempah khas Indonesia. Ibu Ida juga mengenalkan seblak sebagai makanan yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa dan membuka usaha seblak juga salah satunya juga untuk membantu perekonomian keluarga.

Di awal berjualan tidak ada masalah apapun, warung seblak Teh Ida diterima dengan baik oleh warga sekitar dan menurut warga sekitar juga seblak teh da memilik bumbu yang kaya rasanya, berbeda dengan seblak yang lainnya. Untuk bahan-bahan dasarnya juga bu ida membuatnya sendr Menu yang ditawarkan cukup beragam, mulai dar seblak original hingga varias dengan tambahan topping seperti ceker ayam, bakso, siomay mn, dan clok Di warung seblak bu ida juga selain berjualan seblak ada menu lam seperti baso lumpia basah karedok.tahu crispy dan ada juga beberapa minuman. Selain berjualan seblak di depan rumahnya, bu da juga berjualan seperti sembako, daging dan frozen food di jual platfrom seperti WhastApp.

Untuk dukungan, bu da memilik suam dan anak yang selalu berada di ss bu da dan mendukung apapun yang bu da lakukan dan kerjakan, dan anak-anak bu da juga sering kali membantu promosi melalui media sosial sederhana seperti di Platfrom WhatsApp dan Facebook. Seblak Teh Ida aktf terlibat dalam kegiatan komunitas desa, seperti bazar UMKM yang diadakan oleh Karang Taruna. Dukungan sosial dar komunitas dan pelanggan setia menjadi salah satu motivasi utama bag Bu Ida untuk terus mengembangkan usahanya. Dalam penelitian ini, fokus akan diarahkan pada peran dukungan keluarga dan komunitas lokal terhadap semangat dan keberlanjutan usaha Seblak Teh Ida.

Kesimpulan dari hasil wawancara yaitu dukungan sosial yang kuat berkontribusi positif pada motivasi wirausaha, meningkatkan keyakinan diri dan ketekunan dalam menjalankan bisnis. Hal ini memperkuat keberlanjutan usaha UMKM seblak teh Ida dan mending tercapainya tujuan usaha.Saran untuk warung teh Ida yaitu mendaftarkan usah sseblak di platform pemesanan makanan seperti gofood,grabfood, dan shopeefood. Agar dapat membantu menjangkau pelanggan lebih luas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun