Mohon tunggu...
Citra Kartika
Citra Kartika Mohon Tunggu... Universitas Diponegoro

KKN Tim 1 Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Hidroponik Sayuran sebagai Upaya Meningkatkan Ketahanan Pangan

16 Februari 2021   10:00 Diperbarui: 16 Februari 2021   11:40 38 1 0 Mohon Tunggu...

Semarang (13/02) Sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan, mahasiswa KKN Tim I 2021 Universitas Diponegoro melakukan program pengadaan instalasi hidroponik. Program ini dilaksanakan dengan pengadaan instalasi hidroponik sederhana tanpa listrik di setiap dasa wisma RT 001/RW 005, Kelurahan Mangunsari, Kecamatan Gunungpati.

Selama masa pandemi COVID-19, harga-harga sayuran di pasar semakin meningkat. Maka dari itu, dengan adanya fasilitas untuk menanam sayuran, maka akan membantu akses warga sekitar untuk mendapatkan sayuran.

Instalasi hidroponik yang diberikan menggunakan sistem wick sehingga tidak menggunakan listrik. Instalasi tanpa listrik ini dapat mencegah terjadinya kemangkrakan yang dikarenakan beban listrik. Selain itu, instalasi hidroponik yang diadakan tidak memakan banyak lahan. Pengurus dasa wisma 1, 2, dan 3 di RT 001/RW 005 menerima dengan baik pengadaan instalasi hidroponik ini. Ke depannya, diharapkan instalasi hidroponik ini dapat terus berjalan dan dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mempermudah akses mendapatkan sayuran.

VIDEO PILIHAN