Mohon tunggu...
Citra Andriani
Citra Andriani Mohon Tunggu... Lainnya - Hello !!

Terus belajar, berproses dan saling berbagi IG : @citrandrn FB : Citra Andriani

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Citra-Story#13 | Final Year Project 2

26 Juni 2019   06:21 Diperbarui: 26 Juni 2019   07:15 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sudah beberapa hari kurang tidur bahkan berminggu-minggu, pikiran stress, kepala pening, bahkan nafsu makan pun berkurang drastis dari aku yang suka ngemil dan bahkan merasa bahwa tidur hanyalah membuang waktu, padahal tubuh kita juga berhak istirahat.

Hari semakin dekat kurang beberapa hari lagi aku akan sidang skripsi(present), kompleks sekali rasanya.  Persiapan software, project, report, slide presentasi semua harus siap saat sidang. Fiuh bahkan muncul pikiran untuk menyerah saja, lelah dengan semua proses yang dijalani. Tetapi dalam kondisi itu, Allah memberikan aku hadiah, aku dinyatakan menang lomba menulis yang diadakan Air Asia dan menduduki juara 3 dengan hadiah voucher belanja. Sebenarya aku mengincar juara 1 karena hadiahnya ke Australia tetapi Allah berkehendak lain, tak apa akan aku coba lain kali. Seakan menjadi semangat untuk terus maju, meyakinkan diri sendiri bahwa "aku bisa, jangan nyerah".  Lalu dini hari, sekitar 9 jam sebelum present aku dipertemukan Allah dengan 2 kawan baru, yang Allah gerakkan hatinya untuk membantuku.


Malam itu suasana kolej gelap hanya beberapa mahasiswa yang masih sibuk belajar karena minggu ini adalah pekan final exam. Dan karena itulah aku bertemu mereka Najwa dan Ellina dua mahasiswa tahun pertama dari FSKTM. Mereka bersedia membantu aku untuk menyelesaikan 3 jilid report padahal mereka dalam kondisi sedang belajar, kami baru saja kenal dan tak terasa kami cepat sekali akrab.Pukul 04.15 kurasa aku benar-benar selesai semua, report dan slide presentasi sudah beres, kurasa aku sudah cukup paham dan aku putuskan untuk tidur sebentar.

Pukul 08.13 kami (aku, Sarah) keluar dari kamar, kami akan berangkat untuk sidang dan kami sudah siap dengan kondisi apapun, sekarang sudah saatnya pasrahkan semua pada Allah. Mbak Arofah masih belum selesai print report jadilah dia tertinggal bis yang kami naiki. Aku present di Makmal Iot (MTK) blok G1 dan Sarah di gedung lainnya.

Aku berhenti di halte pertama dan berjalan mencari gedung tempat ku present, beruntung aku tidak terlambat, masih ada satu panel yang datang Dr. Noraisah namanya , sedang sv ku baru saja memberi kabar lewat WhatsApp bahwa beliau datang terlambat dan memastikan bahwa aku sudah di tempat. Tak lama kemudian svku dan panel lainnya datang Dr. Nan namanya dia adalah sv dari mbak arofah. Aku presentasi pertama kali, disusul mbak Arofah kemudian. 

"Assalamualaikum, today I will present my final year project entitled....."
Situasi sidang skripsi(present) di Malaysia tak jauh berbeda dengan di Indonesia. Ada 2 orang penguji yang disebut panel dan dospem kita kalau disini panggilannya supervisor. Awalnya memang tegang, tentu lah siapa yang tidak tegang, selain faktor project hal lain yang membuatku semakin tegang adalah bahasa Inggris, karena bahasa inggrisku tidak sebegitu lancar dan ini kali pertama aku presentasi full dengan bahasa Inggris, fiuuh. Meskipun Dr. Wahyu selalu bilang kepada kami "udah santai saja :')".

Tapi Alhamdulillah disini emang orangnya baik-baik, sekalipun bahasa Inggris ku belepotan aku tetep aja kan ngomong seadanya ya kan, eits tentu saja sudah melakukan latihan ya, walaupun mepet juga. Dalam sesi tanya jawabpun begitu. Panel bertanya dengan bahasa inggris dan sesekali ketika aku mentok gatau jawabannya ya aku pake bahasa Indonesia. Intinya campur aduk gitu looo. Tapi aku lebih banyak bahasa Inggrisnya hanya beberapa kosakata  yang sulit aja menggunakan bahasa Indonesia dan juga jika aku tak paham aku akan meminta panel untuk mengulangi pertanyaannya, mereka baik banget sampe kalau dirasa terlalu sulit mereka akan menjelaskan dengan bahasa melayu, dan tentunya aku menjawab dengan bahasa inggris.

Setelah presentasi ini aku jadi bertekad lebih banyak lagi belajar bahasa inggris, karena sebenarnya mudah saja, hanya tinggal latihan dan latihan. Supervisor ku juga sering mengatakan bahwa kita hanya perlu berusaha dan berusaha. 

Alhamdulillah present berjalan dengan lancar, dan pertanyaan dari panel pun dapat aku jawab dengan mudah meskipun harus diulang-ulang karena keterbatasan bahasi Inggris ku hehehe (note: bahasa Inggrisku emang se-gak lancar itu hehehehe)
Beruntung orang-orang disini baik dan pengertian.
Dan akhirnyaaa....


"I think that's all, Thank you for your attention."

20 Juni 2019
Present Final Year Projects
Done !

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun