Mohon tunggu...
Citra Dewi Utami
Citra Dewi Utami Mohon Tunggu... Perempuan, Istri, dan Ibu...

Pecinta Matahari...

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Artikel Utama

Habit Baru Para Penglaju, Uji Coba KRL Jogja-Solo

24 Januari 2021   13:23 Diperbarui: 26 Januari 2021   10:44 1684 18 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Habit Baru Para Penglaju, Uji Coba KRL Jogja-Solo
Anggota Komunitas Prameks Lovers| Dokpri

KRL Commuter Line Jogja-Solo akan segera dioperasikan secara resmi. Sabtu (23/01) para anggota Prameks Lovers mendapat kesempatan untuk mengikuti uji coba perjalanannya. 

Prameks Lovers adalah komunitas pengguna kereta Prameks (Prambanan Ekspres) yang beranggotakan perempuan-perempuan dengan beragam profesi yang tinggal di Jogja dan bekerja di Solo. Jalur Prameks memang menghubungkan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kota Solo di Jawa Tengah. 

Kereta sendiri merupakan moda transportasi pilihan yang nyaman, terlepas dari beberapa kekurangannya. Keseharian kami melakukan perjalanan tidak kurang dari 60 kilometer menuju tempat bekerja. 

Pada masa sebelum pandemi, saat trafik penumpang padat, ancaman tidak mendapatkan tiket adalah salah satu masalah bagi kami. Meskipun telah tersedia 21 trip pulang-pergi tapi jeda jadwal keberangkatan yang cukup lama menjadi masalah yang lainnya. 

Bagi kami waktu sangatlah berharga, sehingga ketepatan pengaturan jadwal perjalanan menjadi pekerjaan rumah yang harus dipikirkan dengan baik. Kadang banyak menyita pikiran, lebih dari memikirkan pekerjaan utama kami. Dan kereta rel listrik menjadi harapan solusi atas permasalah tersebut.

Pengoperasian KRL pada kondisi normal yang tidak ada istilah "tiket habis" selama penumpang masing dapat masuk ke dalam rangkaian dan jeda jadwal keberangkatan yang rapat menjadi angin segar. 

Kemudahan lainnya adalah pemberhentian KRL di 11 stasiun akan lebih memudahkan akses bagi penumpang untuk dapat naik melalui stasiun terdekat. Hal ini juga bermanfaat membuka jalur perekonomian masyarakat di daerah pinggiran sepanjang jalur yang dilalui KRL.

Dokpri | 11 Stasiun Pemberhentian KRL Jogja-Solo
Dokpri | 11 Stasiun Pemberhentian KRL Jogja-Solo

Bagi seorang komuter yang menghabiskan waktu tidak kurang dari 2 jam perjalanan per hari dan 10 trip per minggu menggunakan kereta telah membentuk habit bertransportasi kami. 

Moda transportasi baru akan membentuk habit yang baru pula. Pengalaman mengikuti uji coba perjalanan KRL kemarin dapat menghimpun beberapa catatan penting.

1. Jadwal keberangkatan kereta penting diperhatikan, untuk kemudahannya dapat mengunduh aplikasi KRL Access.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN