Mohon tunggu...
cipto lelono
cipto lelono Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menulis sebaiknya menjadi hobi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

"Loka Ghana" Perpustakaan Sekolah "Cozy" dan Menginspirasi

27 Mei 2022   08:01 Diperbarui: 27 Mei 2022   17:17 858 74 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tampilan ruang Referensi Perpustakaan Loka Ghana SMAN 1 Sedayu Bantul (dokpri)

Perpustakaan sekolah adalah bagian penting profil suatu sekolah. Dinamikanya menjadi bukti derap langkah sekolah tersebut menggapai visi dan misi yang dirancangnya. Ketika perpustakaan dikemas secara elaboratif, kehadirannya bisa menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi pengembangan literasi.

Oleh sebab itu menata, mengelolola, mendesain perpustakaan sekolah agar menjadi cozy dan menginspirasi menjadi tantangan tersendiri. Sebab hakikinya dari perpustakaanlah getaran literasi dapat membumi. 

Resonansi perpustakaan akan mengalirkan imajinasi, kreasi yang terintegrasi. Pendek kata perpustakaan sekolah dapat menjadi centrum pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Semua ilustrasi ini kita dapatkan di perpustakaan "Loka Ghana" SMA Negeri 1 Sedayu Bantul Yogjakarta.

Cozy adalah penggambaran rasa yang nyaman dan hangat, seperti suasana saat berada di depan api unggun, tiduran di sofa sambil berselimut tebal saat udara dingin. Dalam konsep ini terdapat beberapa aspek yang menyertai antara lain skema warna, material, furnitur, asesoris ruangan, pencahayaan, (https://binus.ac.id).

Maka istilah cozy secara sederhana dapat diartikan sebagai gambaran kondisi jiwa, rasa yang nyaman, senang, sejuk dan bahagia. Kondisi tersebut kemudian mendorong munculnya inspirasi dan imajinasi.

Inspirasi berarti memberikan sumber ide, gagasan baru. Imajinasi berarti munculnya pengembangan daya pikir untuk menciptakan karya berdasar pada inspirasi yang pernah dilihatnya. Kondisi demikian akan muncul ketika berada dalam suasana cozy.

Salah satu penataan yang bisa membuat pengunjung merasakan suasana cozy (dokpri)
Salah satu penataan yang bisa membuat pengunjung merasakan suasana cozy (dokpri)

Maka perpustakaan yang cozy adalah perpustakaan yang membawa suasana hati pengunjungnya merasa nyaman, senang, bahagia dan betah. Sehingga pengunjungnya terdorong menjadikan perpustakaan itu sebagai sumber inspirasi dan imajinasi.

Profil Perpustakaan Loka Ghana

Perpustakaan Loka Ghana dirancang dalam dua segmen yaitu indoor dan outdoor. Indoor menata perpustakaan di dalam ruang, outdoor menata perpustakaan di luar ruang.

1) Indoor

Penataan ruang indoor ada tiga bagian yaitu ruang sirkulasi, ruang ekspresi (serba guna) dan ruang referensi. Ketiga ruang merupakan satu kesatuan konsep. Dinding kanan kiri setiap ruang berisi tentang gambar dan tulisan tentang budaya, tokoh-tokoh, info gizi, oase kebumian, dll.

a) Ruang sirkulasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan