Mohon tunggu...
cipto lelono
cipto lelono Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menulis sebaiknya menjadi hobi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Mengembangkan Potensi Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring (Pedagogik 4)

28 Agustus 2021   07:41 Diperbarui: 5 September 2021   19:41 419 66 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengembangkan Potensi Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring (Pedagogik 4)
Ilustrasi peserta didik yang sedang mengikuti pembelajaran daring. Sumber: Shutterstock via Kompas.com

Kemampuan guru dalam mengembangkan potensi peserta didik dalam pembelajaran daring tetap menjadi keawajiban profesi yang harus dijalankan. Sebab potensi peserta didik merupakan aspek penting yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik. Aspek tersebut berkaitan langsung dengan komptensi yang dimiliki oleh peserta didik.

Oleh sebab itu guru dituntut mempunyai bekal yang memadai agar dapat mengembangkan potensi peserta didik. Bekal tersebut tentu berkaitan dengan wawasan profesi, habit dan motto yang dikembangkan oleh guru. Ketiganya merupakan satu kesatuan yang tidak mungkin dipisahkan.

Wawasan profesi berkaitan dengan budaya literasi guru, habit berkaitan dengan kebiasaan yang dilakukan guru dalam menjalankan tugas. Habit yang ideal bagi guru adalah menjadikan buku sebagai bagian dari kehidupan profesinya. Sedangkan motto berkaitan dengan semboyan guru dalam membangun kekayaan profesinya.

Apabila guru membangun semboyan kekayaan guru adalah karya, maka profesinya akan basah dengan karya-karya profesi yang dilahirkan (apapun bentuknya). Dampaknya bagi guru akan mempunyai pisau analisis tentang profesinya yang tajam apabila motto seperti itu menjadi idealisme guru.

Dengan kata lain bekal tersebut akan menjadikan guru tidak terlalu lama beradaptasi dengan kondisi baru yang dihadapinya, secara khusus kondisi pembelajaran daring. Sebab wawasan profesi, habit dan motto akan mendorong guru mencari jalan keluar dari kesulitan yang sedang dihadapi bersama.

Pentingnya Pengembangan Potensi Peserta Didik

Langkah mengembangkan potensi peserta didik merupakan langkah yang bersifat konstributif dan paradigmatik. Konstrubutif berkaitan dengan sumbangsih guru dalam melakukan upaya-upaya agar potensi yang dimiliki peserta didik dapat berkembang secara maksimal. Paradigmatik berkaitan dengan bangunan sudut pandang guru tentang aneka potensi yang dimiliki peserta didik.

Sehingga guru tidak terjebak pada langkah stigmatisasi yang menganggap peserta didik "bodoh" gegara tidak bisa mengerjakan soal-soal mata pelajaran tertentu. Sebab hakikinya tidak ada peserta didik yang bodoh, yang ada adalah peserta didik mempunyai kecerdasan di bidangnya masing-masing.

Oleh sebab itu langkah mengembangkan potensi peserta didik penting baik bagi guru maupun bagi peserta didik. Menurut Suryana dan Wayan (2017) pentingnya guru mengembangkan potensi peserta didik antara lain: mewujudkan esensi tujuan pendidikan nasional, semua peserta didik mempunyai keunikan kemampuan yang perlu dikembangkan, mewujudkan sumber daya manusia yang diharapkan, mewujudkan tugas layanan professional

Terdapat kata kunci dari pendapat tersebut yaitu keunikan kecerdasan peserta didik dan menyiapkan sumber daya manusia yang diharapkan. Kunci berikutnya adalah pada diri guru sebagai bukti adanya layanan yang professional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan