Mohon tunggu...
Media

Teknologi Lumpuh Tanpa Multimedia

2 Februari 2018   16:51 Diperbarui: 12 Februari 2018   11:21 0 0 0 Mohon Tunggu...
Teknologi Lumpuh Tanpa Multimedia
Multimedia picture : 3.bp.blogspot.com

Gambar di akses dari : 3.bp.blogspot.com

Bak pinang dibelah dua, perkembangan Teknologi tidak bisa terlepas dari peranan multimedia, karena mereka saling membutuhkan untuk terus maju berkembang. 

Tahun 2018 adalah tahun dimana teknologi sudah sangat berkembang termasuk multimedia sebagai alat penyalur teks, grafik, suara, gambar, musik dan lain-lain yang di rangkum dalam media penyampaian, berupa komunikasi massa - koran, majalah / tv. Setiap orang di permudahkan untuk menggunakan media sosial, memperluas eksistensi sebagai hiburan dan Alat distribusi & presentasi informasi. Multimedia adalah kombinasi teks, grafik, suara, animasi, dan video yang disampaikan secara interaktif kepada pengguna dengan cara elektronik atau digital yang dimanipulasi.

Multimedia adalah hal yang sangat penting dalam menunjang perkembangan teknologi yang ada di seluruh dunia, karena multimedia menjadi semacam jembatan penghubung karena mempermudah kerja manusia didalam bidang teknologi bisa terciptanya teknologi tinggi tidak akan pernah terlepas dari peranan multimedia. Contohnya : Ilusi gerak yang diciptakan oleh gambar diurut dari gambar elemen statis. Dalam multimedia, animasi digunakan untuk lebih meningkatkan / memperkaya pengalaman pengguna untuk lebih memahami informasi yang disampaikan kepada mereka.

Bergerak di bidang apa saja kah Multimedia ?

Ada sejumlah bidang dimana multimedia bisa digunakan. Contohnya adalah Bisnis, Pendidikan, Hiburan, Rumah, Tempat umum. Berbicara tentang multimedia tidak terlepas dengan adanya perkembangan teknologi, tapi untuk bisa mencapai suatu karya yang baik dan menarik perlu adanya multimedia sebagai jembatan untuk berbisnis, menempuh pendidikan dan hiburan. Contohnya : film, aplikasi seperti go-jek, iklan masyarakat, film animasi, games, dan televisi adalah multimedia, Jadi segala sesuatu yang berhubungan dengan alat elektronik ntah itu buku ataupun koran tetapi tulisan-tulisan yang ada di buku atau di koran itu tidak terlepas dari peranan multi media dalam mencetak dan mengetik tulisan perlu adanya barang multimedia seperti laptop, dan alat percetakan, meskipun wujud yang di pasarkan tidak berbentuk alat elektronik dan multimedia berfungsi sebagai alat penyalur.

Mengenal Lebih dalam Dunia Multimedia

Multimedia secara luas dapat di bagi menjadi dua yaitu linier dan non linier. Multimedia yang bersifat linier adalah dimana suatu karya dari multimedia tidak terkontrol oleh navigasi untuk pemirsa seperti film, film yang sedang tayang tidak bisa langsung diedit ketika terjadi kesalahan di dalam film, dan yang non linear menawarkan interaktivitas pengguna untuk mengendalikan kemajuan seperti yang digunakan permainan komputer, kita sebagai pengguna komputer bebas mengedit secara langsung kesalahan saat kita memainkan komputer dan belum menjadi sebuah produk.

Pada multimedia setiap orang di berikan kebebasan untuk menyalurkan kreatifitasny, ntah itu di dalam menulis atau pun mengedit video dan foto, membuat aplikasi dan masih banyak lagi, multi media menjadi salah satu ikon yang sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan perteknologian dan komunikasi di dunia. Karena sifat multimedia iyalah alat penyalur bagi manusia untuk bisa mengakses teknologi yang berkembang. Definisi Multimedia Alat yang digunakan untuk mewakili atau melakukan hal tertentu seperti media penyampaian, berupa komunikasi massa - koran, majalah / tv.  Alat distribusi & presentasi informasi - teks, grafik, suara, gambar, musik. Tanpa adanya multimedia komunikasi dan presentasi informasi kita akan terbatas, karena jika ada multimedia pasti ada teknologi.

Manusia Sebagai Pengguna Aktif Multimedia

Mempelajari multimedia susah-susah gampang, kita harus memiliki sikap kompeten dan kreatif di dalam bidang multimedia, karena berhubungan dengan teknologi yang semakin lama semakin berkembang. Banyak hal yang harus di pelajari seperti editing, writing, dan tentunya harus memiliki skill dalam dunia perteknologian dan yang di edit bukan hanya tulisan tetapi juga audio dan video. Menjadi tantangan tersendiri bagi seseorang yang sangat ingin tahu bagaimana teknologi dapat berkembang dan mempengaruhi khalayak ramai. 

Menggunakan internet atau tidak, secara langsung dan tidak langsung presentasi multimedia Siaran dan rekaman bisa berupa analog atau digital teknologi media elektronik Multimedia online digital dapat didownload. Beberapa alasan Mengapa Menggunakan Multimedia, Mudah digunakan, mudah dimengerti, Lebih menyenangkan = Lebih efisien karena mencoba hal-hal baru dan banyak fitur yang bisa digunakan untuk membuat karya kita menjadi lebih menarik untuk dikonsusmsi masyarakat.

Pengaplikasian Multimedia bisa kita temui di mana saja contohnya ; Di hotel, stasiun kereta api, pusat perbelanjaan, museum, dan toko kelontong, multimedia juga ada di terminal, supermarket seperti terdapat sepanduk-sepanduk penjelasan untuk menukar kupon, dan melihat harga barang diskon. Informasi dan bantuan Instalasi yang tidak kita sadari mengurangi permintaan informasi tradisional (bertanya kepada karyawan supermarket tentang harga barang) hal ini dapat mempermudah karyawan supermarket itu berkeja.

Hal --hal seperti daftar hotel di dekat restoran, peta peta kota, jadwal penerbangan, dan menyediakan layanan tamu seperti check out  dan check in otomatis. Pengunjung juga di mudahkan ketika tinggal membrowser apa pun di internet. Atau mendownload aplikasi yang sudah di sediakan di app store.

Misalnya, sekarang nonton bioskop tidak perlu ngantri lohh kita bisa menggunakan M-tix ..... kita bisa memesan tiket melalui gadget di rumah, tinggal transfer dan kita bebas memilih bangku mana yang ingin kita tempati.

M TIX : http://contohcara.com
M TIX : http://contohcara.com
Gambar diakses dari : contohcara.com

Dunia multimedia adalah dunia yang tidak akan pernah lepas dari perkembangan teknologi dan penggunaan jasa atau aplikasi yang semakin hari semakin canggih untuk membantu hidup manusia, tetapi jangan terbuai dengan kecanggihan multimedia, yang semakin memudahkan kita, pandai-pandailah memilah mana yang baik dan mana yang buruk.

Video ini menjelaskan bagaimana perkembangan multimedia di abad ke - 20.