Mohon tunggu...
Ekonomi

Peran Penting Teknologi Informasi dalam Dunia Bisnis

18 April 2016   16:37 Diperbarui: 18 April 2016   16:44 3592 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Mengapa tekhnologi informasi sangat berpengaruh dalam dunia bisnis? Tentu saja, karena dalam dunia bisnis suatu perusahaan memerlukan tekhnologi informasi untuk memperluas cakupan bisnisnyamdi dunia maya. Perkembangan tekhnologi informasi saat ini sudah banyak diterapkan pada perusahaan-perusahaan berskala nasional maupun swasta. Kemajuan dibidang tekhnologi, informasi, dan computer mendukung perkembangan tekhnologi internet, melalui internet pelaku bisnis tidak lagi merasa kesulitan untuk memperoleh informasi demi menunjang aktivitas bisnisnya. Berbagai hal yang dulu dapat memakan biaya yang besar dan waktu yang lama, kini dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat.

Pelaku bisnis dalam dunia maya tentu sudah kenal dengan istilah e-bisnis dan e-commece. E-bisnis berbeda dengan e-commerce, e-bisnis sendiri adalah subuah bisnis yang dalam proses pengelolaan dan transaksi bisnisnya menggunakan system jaringan internet, sehingga tidak memerlukan banyak karyawan dan juga tidak menyita banyak waktu dan ruang, hal ini dapat menjadikan biaya bisnis dapat ditekan dan lebih efisien. Sedangkan pengertian dari e-commerce atau disebut juga dengan perdagangan elektronik adalah sebuah model perdagangan yang transaksinya menggunakan internet.

E-commerce adalah proses menjual dan membeli barang dengan memanfaatkan media internet, sedangkan cara pembayarannya menggunakan media e-transfer. Internet merupakan salah satu alternative wadah yang tepat untuk dijadikan sebuah perusahaan untuk bertemu dengan para klalayak masyarakat diseluruh dunia. Dengan demikian perusahaan akan dapat lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan baru di internet tersebut, banyak pihak yang memanfaatkan media internet sebagai sarana untuk promosi usaha dan untuk menarik pembeli. Selain itu internet juga bisa digunakan untuk media komunikasi yang sangat penting bagi pelaku bisnis.

Informasi yang ada di internet mendorong perusahaan untuk melakukan analisa produk. Di Indonesia banyak perusahaan yang sangat memanfaatkan media internet untuk menjalankan bisinisnya, seperti perusahaan tokobagus.com, tokopedia.com dan sebagainya. Hal ini tentu saja sebuah media informasi sangat berguna untuk menganalisa kebutuhan apa yang banyak digunakan oleh masyarakat sehingga perusahaan dapat mengembangkan produksinya agar berguna untuk memenuhi kebutukan masyarakat.

Oleh sebab itu tekhnologi informasi sangat berperan penting dalam dunia bisnis. Tekhnologi informasi dapat menetukan daya saing dan kemampuan perusahaan untuk meningkatkan kinerja bisnis dimasa yang akan datang. Tekhnologi informasi juga akan meningkatkan efektifitas dan efesiensi bagi pelaku bisnis. Tidk hanya memudahkan namun perkembangan tekhnologi informasi saat ini juga mampu memberikan peluang bagi kita untuk memulai dan mengembangkan bisnis kita. Jadi tunggu apalagi, manfaatkan peluang bisnis anda sekarang juga karena kita sudah dimudahkan dengan perkembangan tekhnologi yang semakin canggih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan