Mohon tunggu...
churmatin nasoichah
churmatin nasoichah Mohon Tunggu... Penulis - Jangan berfikir untuk tunjukkan yang terbaik, lakukanlah karena kau menyukainya -Navillera-

dengan mata ku menampung cita, dengan cita ku memulai kata, dengan kata ku melukis dunia

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

14 Perlengkapan Tukang yang Biasa Digunakan dalam Ekskavasi Penelitian Arkeologi

9 Agustus 2021   07:53 Diperbarui: 9 Agustus 2021   14:24 411 10 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
14 Perlengkapan Tukang yang Biasa Digunakan dalam Ekskavasi Penelitian Arkeologi
Sumber: Balai Arkeologi Sumatera Utara, 2013

Dalam Penelitian Arkeologi terdapat satu metode pengumpulan data yang disebut dengan ekskavasi. Ekskavasi menurut Kamus KBBI adalah penggalian yang dilakukan di lokasi yang mengandung situs/benda purbakala. 

Tentu karena lokasi yang diduga mengandung cagar budaya tersebut maka perlu perlakuan khusus agar situs atau artefak yang ditemukan tidak rusak. Pada prinsipnya ekskavasi adalah merusak situs, karena aktivitas menggali. Artefak akan otomatis terlepas dari konteks penemuannya. Maka diperlukan cara supaya situs atau artefak tersebut dapat terekam dengan baik.

Karena ekskavasi adalah aktivitas menggali maka banyak digunakan alat-alat pertukangan dalam melakukannya. Setiap akan melakukan penelitian Arkeologi khususnya ekskavasi, berbagai persiapan dilakukan termasuk pembelian alat-alat pertukangan. 

Berikut beberapa perlengkapan tukang yang biasa digunakan dalam melakukan ekskavasi.

1. Parang

Parang biasa digunakan dalam melakukan ekskavasi karena area atau lahan yang digunakan sebagai tempat ekskavasi biasanya berupa lahan ilalang, ladang, hutan, atau tempat-tempat yang jarang dikunjungi oleh masyarakat. Tentu kondisinya sangat rimbun dengan semak belukarnya. 

Parang digunakan untuk membersihkan area situs agar dalam melakukan ekskavasi semua anggota menjadi lebih nyaman dalam bekerja. Selain itu agar area yang digali menjadi lapang dan bersih sehingga proses pendokumentasian dapat berjalan dengan baik.

2. Meteran

Meteran dibutuhkan dalam melakukan ekskavasi karena setiap perekaman data harus dilakukan dengan akurat dan teliti. Angka dan ukuran menjadi hal yang wajib untuk dilakukan sehingga langkah-langkah penggaliannya dapat terus terkontrol. 

Meteran selalu digunakan mulai dari pembukaan lahan, hingga ekskavasi akan berakhir. Menghitung luasan situs, luasan kotak ekskavasi, hingga kedalamannya harus menggunakan meteran. Tentu ukuran meteran bisa fleksibel tergantung kegunaannya. Bahkan masing-masing anggota sebaiknya wajib memegang alat pertukangan yang satu ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...
Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan