Mohon tunggu...
churmatin nasoichah
churmatin nasoichah Mohon Tunggu... Peneliti Balai Arkeologi Sumatera Utara

Tangkap ide-ide 'gila' mu dan ikatlah menjadi tulisan

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Sebalik Sumpah, Cinderamata Khas Percandian Muara Jambi

16 Juli 2020   06:03 Diperbarui: 16 Juli 2020   06:18 38 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sebalik Sumpah, Cinderamata Khas Percandian Muara Jambi
jambiberita.com

Apabila kita berkunjung ke Jambi, jangan lupa untuk singgah ke Kompleks Percandian Muara Jambi. Kompleks percandian ini berlokasi di Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muara Jambi, Provinsi Jambi.

Kompleks percandian ini memiliki luas sekitar 4000 hektar dengan beberapa candi-candi dan museum di dalam kompleks. Apabila kita berkunjung kesana, pihak pengelola yang bekerjasama dengan penduduk setempat menyediakan sepeda untuk berkeliling kompleks dengan harga yang yang sangat terjangkau.

Selain fasilitas sepeda, disediakan juga kedai-kedai singgah untuk sekedar melepas dahaga setelah berkeliling kompleks. Selain itu, yang menarik dari kompleks percandian ini adalah banyaknya penjual cinderamata yang menjajakan sebalik sumpah.

Sebalik sumpah merupakan cinderamata khas Jambi yang dibentuk menjadi gelang dan kalung. Sebalik sumpah ini berasal biji kayu pohon Sebalik Sumpah yang banyak tumbuh di sekitaran kompleks percandian.

Tidak hanya disekitaran candi, ternyata pohon sebalik sumpah ini juga banyak tumbuh di hutan-hutan kawasan Jambi. Sebalik Sumpah merupakan sejenis pohon keras yang menghasilkan buah-buahan. Pohon ini bisa ditemukan di Taman Nasional Bukit Duabelas, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi.

Biji yang terdapat pada buah-buahan ini kemudian dijadikan kerajinan tradisional oleh Komunitas Orang Rimbo (Orang Rimba) atau suku anak dalam. Ya... awalnya memang pemanfaatan biji sebalik sumpah ini dikenalkan oleh orang-orang dari suku anak dalam tersebut.

Pohon sebelik sumpah sangat dikeramatkan oleh Orang Rimbo. Mereka bahkan sangat menghargai kekuatan pohon ini. Mereka harus merayu ketika akan mengambil buahnya dan untuk mendapatkan buah dari pohon ini tidaklah mudah, Orang Rimbo harus masuk ke hutan yang lebat selama beberapa hari.

kalung dan gelang sebalik sumpah yang berasal dari Kabupaten Sarolangun ini pernah masuk nominasi di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 dalam kategori Cindera Mata Terpopuler (kompas.com).

Nah saat ini kita tidak perlu jauh-jauh pergi sampai ke Sarolangun. Hanya berjarak kurang lebih 10 km dari pusat kota Jambi, yaitu di kompleks percandian Muara Jambi kita sudah bisa mendapatkannya dengan harga yang sungguh terjangkau.

dok. pribadi
dok. pribadi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x