Mohon tunggu...
Chaerul Sabara
Chaerul Sabara Mohon Tunggu... Insinyur - Pegawai Negeri Sipil

Suka nulis suka-suka____

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Kalahkan Uruguay, Argentina Tetap Butuh Messi, Walau Hanya di Bench

13 November 2021   13:28 Diperbarui: 13 November 2021   13:30 198 44 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022 yang mempertemukan tuan Rumah Uruguay vs Argentina di Estadio Campeon del Siglo, Montevideo. Angel Di Maria menjadi pencetak satu-satunya gol saat juara Copa America Argentina meraih kemenangan penting atas rival kuat di zona Conmebol Uruguay.

Dalam starting line-up Argentina Leonel Messi duduk dibangku cadangan, rekan setimnya di PSG, Di Maria, mengambil alih peran Messi, dan mencetak gol dengan penyelesaian kaki kiri yang bagus memanfaatkan assist cantik dari Paulo Dybala yang membawa La Albiceleste memimpin. Uruguay sebagai tuan rumah tidak mau dipermalukan begitu saja di hadapan pendukungnya yang memadati stadion, mereka terus berusaha meraih gol penyeimbang dan memberi begitu banyak tekanan pada tim tamu terutama di menit-menit akhir pertandingan, tetapi hanya dibiarkan menyesali dua kali peluang emas yang terlewatkan oleh Agustin Alvarez di menit-menit terakhir sebelum wasit meniup peluit akhir di menit ke-95.

Messi sendiri dalam laga ini hanya diturunkan oleh pelatih Lionel Scaloni pada seperempat jam terakhir menggantikan Lo Celso, saat ia bangkit dari cedera lutut dan hamstring yang membuatnya absen dalam dua pertandingan terakhir Paris Saint-Germain. 

Tidak banyak kontriusi yang diberikan oleh Messi dalam tampilannya kali ini, La Pulga terlihat masih menahan diri dan bermain aman, meski demikian Messi sempat memperoleh peluang untuk menambah keunggulan timnya, sayangnya  sepakan kaki kirinya meneruskan umpan apik Acuna masih melebar tipis dari gawang yang dikawal oleh Fernando Muslera.

Bagi Argentina kemenangan ini menempatkan mereka semakin dekat dengan piala dunia 2022, Argentina - yang tidak terkalahkan dalam 26 pertandingan  akan lolos ke putaran final Piala Dunia jika mereka mengalahkan Brasil pada hari Selasa nanti, dan salah satu dari Kolombia, Chili atau Uruguay gagal menang.

Sementara itu dengan kekalahan ini membuat Uruguay berada di zona play off di posisi ke-6 dengan 16 poin, di belakang Kolombia dan Chili di dua posisi terakhir kualifikasi otomatis (ke-4 dan 5) dengan hanya perbedaan selisih gol.

Nahitan Nandez seharusnya memberi Uruguay keunggulan pada menit kelima setelah Argentina gagal melakukan lemparan jauh ke dalam kotak. Nahitan Nandez yang mendapatkan bola sekira tujuh meter dari gawang Emiliano Martinez, namun kiper Aston Villa itu melakukan tugasnya dengan baik untuk keluar dengan cepat dan menggagalkan peluang Nandez. Uruguay harus memenyesal dua menit kemudian saat Paulo Dybala berhasil merebut bola dari Joaquin Piquerez di luar kotak penalti dan mengoper ke dalam untuk Angel Di Maria yang dengan tenang melepaskan tembakan gemilang ke pojok atas gawang yang tidak dapat dibendung oleh Muslera. Itu adalah satu-satunya tembakan ke gawang Argentina di babak pertama.

Luis Suarez bermain all out untuk membantu timnya meraih kemenangan, berkali-kali pergerakannya memberikan ancaman, sebuah tendangan voli yang masih membentur tiang gawang, dan sambaran reeboundnya juga masih melebar.Uruguay terus menekan dan Matias Vecino memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan di akhir babak pertama tetapi tembakannya terlalu mudah untuk Martinez.

Usai turun minum, Argentina terus mengontrol penguasaan bola tanpa menciptakan peluang, sedangkan Uruguay tampak lebih berbahaya, namun tanpa mampu menguji Martinez yang mengawal gawang Argentina. Papu Gomez yang masuk di menit ke-55 menggantikan Lautaro Martinez, akhirnya melepaskan tembakan ke gawang yang kedua bagi Argentina, tetapi masih melebar, sementara Martinez harus berjuang keras untuk menepis umpan silang Facundo Torres yang tampak berbelok arah akan masuk ke gawang.

Pemain pengganti Uruguay Agustin Alvarez memiliki peluang emas untuk merebut hasil imbang enam menit menjelang akhir pertandingan, tetapi sundulannya dari jarak lima yard melayang tipis di atas gawang. Beberapa saat kemudian, Martinez nyaris membuat blunder, membiarkan tembakan Alvarez melesat di antara kedua kakinya sebelum dia dengan cepat berputar untuk merebut bola di belakangnya sebelum bola itu melewati garis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan