Mohon tunggu...
Christoper Tito
Christoper Tito Mohon Tunggu... Mahasiswa

Awam

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang Mengadakan Program Pendampingan"Rebranding" Kemasan dan Pemasaran Produk Kopi Merah Jambuwer

8 Mei 2021   19:48 Diperbarui: 8 Mei 2021   20:07 211 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang Mengadakan Program Pendampingan"Rebranding" Kemasan dan Pemasaran Produk Kopi Merah Jambuwer
Mahasiswa KKN UM mengunjungi narasumber produk Kopi Merah Jambuwer

 

Program KKN Universitas Negeri Malang memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk menyalurkan program penyuluhan maupun pendampingan mengenai pengembangan pemasaran produk usaha di berbagai desa di wilayah Kabupaten Malang. Salah satunya yakni di Desa Jambuwer Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang. Mahasiswa KKN UM mengadakan program pendampingan Rebranding Kemasan dan Pemasaran Kopi Merah Jambuwer, salah satu produk UMKM yang dihasilkan oleh Gapoktan Mekar Tani Desa Jambuwer Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang. Program pendampingan ini diharapkan dapat membantu mengembangkan potensi pemasaran produk Kopi Merah Jambuwer, baik melalui sistem pemasaran online maupun offline sehingga dapat meningkatkan omset pendapatan produk tersebut.

Berdasarkan hasil observasi selama pendampingan berlangsung, pemasaran Kopi Merah Jambuwer saat ini sedang sepi, dikarenakan adanya pandemi Covid 19 yang menyebabkan potensi daya beli masyarakat juga menurun. Selain itu sistem pemasaran yang ddilakukan hanya sistem pemasaran secara offline membuat kopi Merah Jambuwer tidak begitu dikenal oleh masyarakat luas. Oleh karena itu dengan adanya program pendampingan ini diharapkan produk Kopi Merah Jambuwer dapat dipasarkan secara meluas.

Program pendampingan ini dimulai pada 26 Februari -- 3 Mei 2021. Program pertama yang dilakukan untuk mendukung proses pemasaran adalah Branding Kopi Merah jambuwer dengan membuat desain kemasan baru Kopi Merah Jambuwer. Branding dalam pemasaran berfungsi sebagai penguat identitas produk. Diperlukan desain kemasan ataupun desain pemasaran agar Brand produk ini dapat menarik minat para konsumen. Hal tersebut merupakan alasan dibuatnya desain kemasan baru pada produk Kopi Merah Jambuwer. Setelah proses pembuatan desain selesai, selanjutnya pemasaran akan dilakukan secara online melalui media sosial. Pemasaran Kopi Merah Jambuwer secara online dilakukan dengan membagikan video promosi tentang produk Kopi Merah Jambuwer di media sosial Instagram dan WhatsApp.

gamb2-6096877dd541df0a84634ea2.jpg
gamb2-6096877dd541df0a84634ea2.jpg
Hasil desain ulang kemasan produk Kopi Merah Jambuwer

Hasil yang diharapkan dari program pendampingan ini yakni dapat memberikan pengarahan kepada para pengusaha Kopi Merah Jambuwer dalam menerapkan serta mengembangkan potensi pemasaran Kopi Merah jambuwer. Selain itu program ini diharapkan dapat membantu meningkatkan omset pendapatan serta memperluas jaringan informasi mengenai produk Kopi Merah Jambuwer.

Penulis : Aristawati Rosyadah 

Editor : Diyah Ayu Indrawati

Dosen Penanggung Jawab : Dr. Siti Mas'ula, M. P

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x