Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Arsitek - Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Seoul Kota Tua dengan "Dunia Antah Berantah" dan Seoul Modern dengan Perkotaan Uniknya

16 September 2021   20:23 Diperbarui: 16 September 2021   20:34 116 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

By Christie Damayanti

                                                                                                                      

Aku berada di Seoul Utara dengan kotatua dan istana2nya, dan aku di Seoul Selatan dengan kota modernnya, yang dipisahkan oleh Sungai Han .....

Seoul merupakan sebuah kota di Korea Selatan, yang menjadi bahan surveyku, ketika aku membuat Thesis S2 ku, dengan tema Manajemen Jakarta.

Lha? Koq?

Kenapa Seoul, padahal tema Thesis S2 ku adalah Manajemen Jakarta?

Ya, Jakarta memang fousnya, tetapi justru aku mendatangi 4 kota di Asia dan Amerika, untuk mengambil intisari dan bagaimana kota itu bisa menjadi "kekuatan" baru untuk membangun Jakarta.

Kota2 itu adalah Singapore, Seoul, Osaka dan Los Angeles, denagn alasan2 masing, untuk study membangun Jakarta. Dan, Seoul adalah salah satunya. Sehingga, tahun 1997, aku disana beberapa saat untuk survey secara detail, tentang konsep2 perkotaannya.

Sehingga, Seoul sendiri tidak aneh untukku, ketika tahun 2009 aku mengunjunginya lagi selama 10 hari, untuk memenuhi undangan sahabat2ku dari Fortissimo dari Filipina.

***

Seoul merupakan ibu kota dan metropolis terbesar di Korea Selatan. Seoul memiliki populasi 9,7 juta orang, dan membentuk jantung Kawasan Ibu Kota Seoul dengan kota metropolitan Incheon dan provinsi Gyeonggi di sekitarnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan