Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Sebenarnya, Apa Konsep Pedestrian Khususnya di Jakarta?

14 Juni 2021   09:05 Diperbarui: 14 Juni 2021   09:15 100 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sebenarnya, Apa Konsep Pedestrian Khususnya di Jakarta?
www.csla-aapc.ca 

By Christie Damayanti

Menyikapi konsep2 pedestrian, khususnya jalur protocol Sudirman -- Thamrin, mungkin masih ada yang belum mengerti tentang "pedestrian". Artikel ini akan memandu perjalanan awal sebuah konsep pedestrian atau jalur pejalan kaki ......

***

Kalau kita berjalan kaki di suatu area, kita mempunyai tempat unutk 'mengekspresikan diri' (yaitu : berjalan dengan nyaman), itulah disebut : Pedestrian street, pedestrian mall atau kawasan pedestrian.

Pada dasarnya pedestrian street adalah suatu area yang diperuntukkan bagi pejalan kaki, diciptakan untuk memfasilitasi kegiatan mereka, dan kendaraan bermotor ( motor, mobil ) mempunyai tempat khusus, tidak menjadi satu dengan kawasan pedestrian.

Sudah  banyak arsitek kota yang menggali ide pembuatan area pedestrian, dberdasarkan konep2 yang memang sudah dipelajari sejal kuliah, tapi juga melihat konsep2 yg selalu 'berubah' untuk hasil yg lebih baik.

Biasanya, konsep2 pedestrian diambil dari kota2di luar negri, yg memang lebih baik, disbanding di Jakarta. Contoh saja, negeri tetangga Singapore.

Beberapa yg sudah saya survey ( beberapa negara Asia, Eropa, Australia dan Amerika ), mungkin bisa membuat kita 'mengagumi' dan akhirnya akan membuat semangat untuk berbuat sesuatu untuk Jakarta kita ini .....

Secara umum fungsi pedestrian street dapat dikelompokkan menjadi tiga macam, yaitu full-pedestrian,  dan semi pedestrian.

1. Full-Pedestrian / Pedestrian penuh

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN