Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Arsitek - Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Ketika Seseorang Melompat di Depan Kereta yang Sedang Bergerak Cepat...

17 April 2020   12:06 Diperbarui: 17 April 2020   12:32 206
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi | (illustrasi) Aku di gerbong khusus untuk disabilitas dan prioritas, seprti inilah setiap aku menumpang kereta, selal berada di ujung, dan aku selalu bisa menjepret kedaan seperti ini, setiap saat .....

By Christie Damayanti

***

Bunuh diri? Ih, serem!

Begitu, pasti reaksi orang2, termasuk juga aku. Tetapi, di suatu siang di musim panas Jepang tahun lalu, aku "terlibat" dekat sekali, dengan seorang warga Jepang, yang bunuh diri .....

Hiiiiiiii ......

Banyak sekali kasus bunuh diri di Jepang, dengan berbagai sebab. Aku membaca banyak referensi, mengapa Jepang (katanya) banyak warga yang bunuh diri, dibadingkan dengan nerar lain. Benar, kah?

Ada sebuah analisa dari salah satu artikel tentang bunuh diri di Jepang. Mengapa banyak orang yang bunuh diri di Jepang. Ternyta, tidak demikian!

Berita2 bunuh diri di Jepang itu bukan banyaknya orang bunuh diri disana, tetapi ini adalah "berita yang dilebih2kan". Mengapa, karena Jepang adalah sebuah negeri cantik dengan tingkat criminal hampir zero (Jepang adalah Negara teraman di dunia), sehingga pencari berita banyak mengangkat berita2 bunuh diri, karena ampir tidak ada berita kriminalitas.

Diluar sana pun, menganalisa mengapa tingkat bunuh diri tinggi di Jepang, ternyata terpatahkan dari referensi2 yang aku baca. Semua Negara pun banyak kasus bunuh diri, tetapi tidak ter-blow up karena mempunyai banyak berita2 kriminalitas yang lebih asik untuk disimak.

Ah .....

Aku tidak tahu, dan aku tidak mau tahu. Karena itu membuat aku bergidik ngeri, hiiiii ....

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun