Christie Damayanti
Christie Damayanti Arsitek

Just a stroke survivor & cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

"Dancing Tree", Pohon Cantik yang Bisa Menari dan Menyanyi

24 April 2019   17:18 Diperbarui: 24 April 2019   17:44 138 6 3
"Dancing Tree", Pohon Cantik yang Bisa Menari dan Menyanyi
Dokumentasi pribadi, www.iplantz.com dan www.mgonline.com | Beberapa pohon yang bisa menari dan bernyanyi, Pohon Sakura, Pohon Trembesi dan Pohon Flamboyan.

By Christie Damayanti

Seri Berburu SAKURA, kelimabelas .....

Bunga Sakura sebenarnya adalah bunga dari beberapa pohon genus Prunus, terutama Cherry Jepang. Buah Cherry nya kecil2 dan bisa dimakan. Rasanya asam, dan sering dijual pada saat musimnya.

Bunga Sakura memang tidak tumbuh di Negara Jepang saja, melainkan tumbuh di beberapa Negara Asia seputaran Jepang. Tetapi, bunga Sakura merupakan "bunga nasional" Negara Jepang. Dan Jepang sering disebut Negeri Sakura.

Pada saat bunga Sakura mekar, di bulan Januari sampai Mei, berurutan dari Pulau Okinawa sampai Pulau Hokkaido, warja Jepang melakukan "Hanami", yang awalnya adalah berkumpul sambil minum dari berabad2 yang lalu, sejak periode Nara.

Pada periode Edo, Tokugawa Yoshimune menanam pohon Sakura, dan setelah itu, ketika bunga Sakura mekar, mereka berbahagia dan berpesta, dibawah pohon itu.

Untuk pohon Sakura nya sendiri, merupakan sakah satu pohon yang tergolong dalam familia Rosaceae, genus Prunus sejenis pohom prem persik atau apricot. Dan sub-genus Sakura.

Struktur pepohonan pada genus Prunus adalah memiliki batang tunggal besar dan memiliki cabang ranting2 yang semakin ke ujung semakin kecil. Ranting2 itu tempat tumbuh daun2 dan bunga2 nya. Cabang ranting2 itu lah yang bisa "menari" jika dedaunan danbebungaan tertiup angin, saling bersinggungan, bergemerisik yang menimbulkan sebuah alunan lagu syahdu .....

Mungkin, itu hanya sebuah khayalan dari seseorang yang punya kepedulian tenang lingkungan.  Ketika cabang dan ranting2 itu saling bersinggungan yang menimbulkan suara2 syahdu, cabang dan ranting2 itu juga "menari2" sesuai dengan ayunan angin.

Jadilah, cerita "dancing tree", bagi beberapa jenis pohon, sala satunya pohon berbunga Sakura .....

Nyanyian Sakura

 

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
                                                                                                                                       

Pohon berbunga Sakura ini, sangat cantik! Dengan batang utama yang besar, yang sanggup menopang cabang dan ranting2 kecil, tempat tumbuh bunga2 Sakura. Ketika aku di sini, di Shinjuku Gyoen NationalPark, angin bertiup lembut. Mengakibatkan, suara2 gemerisik.

Ternyata, itu adalah suara persinggungagn cabang dan ranting2 mungil serta bersenggolannya bunga2 Sakura di cabang dan ranting2 itu. Suaranya cukup syahdu. Apalgi, ketika burung2 datang untuk mematuki putik2 Sakura yang gugur, beberapa, karena desauan angin disana.

Cabang dan ranting2 Sakura ini, menari2. Pohon berbunga Saura ini, menari2, begrak karena desauan angin. "Dancing Tree" yang luar biasa ......

 

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
                                                                                                                                     

Lihatlah! Betapa cantik nya ciptaan Tuhan! Cabang2 itu semakin besar, seturut tumbuh dan berkembangnya Pohon Sakura ini. Cabang2 itu melahirkan ranting2 mungil. Ranting2 mungil itu, menjadi tempat bertumbuh dan berkembangnya berbagai jenis bunga Sakura ......

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
                                                                                                                              

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4