Christie Damayanti
Christie Damayanti karyawan swasta

Just a stroke survivor & cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Filateli Kreatif untuk "Self-Healing?" atau Sebaliknya?

10 Oktober 2018   10:22 Diperbarui: 11 Oktober 2018   07:55 288 0 0
Filateli Kreatif untuk "Self-Healing?" atau Sebaliknya?
Dokumentasi pribadi -- dekorasi dari Indie

By Christie Damayanti

Karena aku sudah menjalankan belasan pameran tunggal selama tahun 2011 sampai 2018 ini, aku tahu dengan pasti, aka nada banyak hal-halyang unik dan menarik untuk bisa diceritakan, berhubungan dengan Pameran Filateli Kreatif "MEMORABILIA".

Ternyata memang benar. Banyak kejadian menarik yang terjadi. Salah satunya adalah ini .....

Teman-teman SMP-ku pun aku undang untuk ikut bergembira dengan ku tentang pameran ini. Di hari kesekian, datang 3 orang teman ku. Meta, Indie dan Lany, yang akhirnya membuat kami sering tertawa bersama selama pameran hari itu.

Lany dan Indie ternyata ahli dan mengajar yoga serta mendalami 'self-healing'. Sambil bercanda, mereka 'mengobat' kami lewat energy. Semacam reiki yang membersihkan energy negative dalam tubuh kita.

Hahaha .....

Apa hubungan nya antara Filateli Kreatif dengan 'self-healing?'

Sepertinya tidak berhubungan, ya? Tetapi ternyata sangat berhubungan. Walau terlihat secara kasat mata, benar2 tidak terlihat berhubungan.

Ketika kehidupan rutinitas k uterus mengikutiku dengan masalah2 yang terus membubung, hobiku dalam Filateli Kreatif ku justru membuat aku segar dan selalu re-fresh. Minimal 1x setahun (pernah 2 dan 3 kali setahun), aku menggelar pameran tunggal Filateli Kreatif, dan itu merupakan 'self-healing' untukku.

Dokumentasi pribadi Meta, Lany, aku dan Indie, teman masa kecilku di jaman SMP 
Dokumentasi pribadi Meta, Lany, aku dan Indie, teman masa kecilku di jaman SMP 
Tetapi ketika 2 teman SMP ku yang memang belajar yoga dan mendalami sebuah ilmu untuk membersihkan energy negative dalam tubuh kita, datang kemarin, dan 1 teman SMP yang selalu ada di setiap even2ku sejak aku terserang stroke, ini benar2 membuat sebuah keadaan yang 'membersihkan' diriku dari rutinitas2.

Tertawa saja sudah merupakan sebuah pelepasan dan membuang perasaan2 negative dalam diriku, menurutku. Apalagi, dengan dipandu untuk pelepasan lewat ilmu teman2ku itu.

43239843-550169128755491-660315182689419264-n-5bbd732c12ae9462e57ac2d2.jpg
43239843-550169128755491-660315182689419264-n-5bbd732c12ae9462e57ac2d2.jpg
Dokumenatsi pribadi Pak Sudjono dan salah dua orang pengunjung mall Bassura, yang melihat2 pameranku, diterapi
Dokumenatsi pribadi Pak Sudjono dan salah dua orang pengunjung mall Bassura, yang melihat2 pameranku, diterapi
Pameranku hari itu seteah teman2ku datang, semakin meriah ketika mereka ada sampai pameran tutup. Karena setiap pengunjung yang datang ke area pameranku, sangat tertarik oleh kegiatan2 teman2ku dalam 'mengobati' kami.

***

Dalam persiapan pameran ini, pastilah banyak kendala dan rintangan. Teatpi untukku sendiri, Pameran Filateli Kreatif dengan tema apapun merupakan "me time". Bahwa, aku melakukan ini adalah untuk hobiku. Dan jika namanya hobi, mungkin segalanya akan dilakukan, walau bisa menguras tenaga, pikiran dan materi ku.

Dalam hal hobi, aku juga tidak tanggung2. Filateli Kreatif adalah hobiku dan untuk Filateli Kreatif inilah aku rela kerja keras untuk menghasilkan karya nyata.

Aku membuat banyak proposal2 untuk mendapatkan sponsor dan ide2 dalam menciptakan konsep2 baru. Kesemuanya untuk sebuah karya dan edukasi bagi masyarakat, khususnya anak2 dan remaja di dunia (calon) filatelis.

Dari situ, pameran demi pameran aku selenggarakan. Selalu dibuka oleh Direktur kementrian Kominfo dan/atau BUMN PT Pos Indonesia, dan sangat ditunggu oleh follower2ku. Bukan mau menyombongkan diri, tetapi sepertinya Pameran Filateli Kreatif ku memang menjadi salah satu alternative kegiatan positif bagi masyarakat.

Walau Filateli Kreatif ku adalah hobi dan "me time" ku dari 'pelepasan' rutinitas hidupku, pada akhirnya pun, Filateli Kreatif juga menjadi awal dari 'masalah' ku yang baru. Artinya, setelah Filateli Kreatif ku menjadi hobi dan "me time" ku, kegiatan inipun menympan banyak masalah, misalnya aku menjadi kecapean sampai sakit. Atau, stress karena tidak mendapatkan pinjaman panel2, pada tahun 2017 yang lalu, dari PFI, yang aku dimita mengeluarkan uang puluhan juta.

Dan akhirnya, hobi ku ini juga menjadi sebuah 'rutinitas' yang melahirkan masalah2 baru. 

Sebenarnya, tidak menjadi masalah besar, jika aku tetap bisa mengendalikan energiku untuk hobiku ini. Dan itulah yang aku lakuan. Mengendalikan hobiku dan terus melakukannya. Mengedalikan itu berarti memang harus bisa menyelesaikan semua permasalahan2 sendirian, karena sebuah hobi adalah 'private' atau 'pribadi'.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2