Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Arsitek - Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Canggih! Terminal Bus (Terbesar) Basuta Shinjuku Ada di Lantai 4F Stasiun Kereta Shinjuku

7 Mei 2018   10:27 Diperbarui: 7 Mei 2018   11:12 1657
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

By Christie Damayanti

Basuta terminal bus Shinjuku ini, berada di lantai 4F, dari Stasiun Shinjuku yang sudah menopang 7 lantai ke bawah tanah dan 6 lantai menjulang ke atas tanah .....

***

Bagi yang ke Jepang dan hanyak mau mengekslpore Tokyo saja karena waktu yang sangat terbatas (ada lho, seorang teman yang hanya 3 hari 2 malam saja ke Tokyo, karena keterbatasana waktu cutinya), tentu tidak perlu membeli JR Pass. Dan aku hanya menyarankan membeli karu isi ulang, yaitu SUICA atau PASMO.

Dengan tidak membeli JR Pass, tentu saja kita harus pintar2 untuk mencari jalan membeli tiket yang teroptimal. Sehingga, budget tidak melambung.

Ok, bulan April lalu aku hanya menjenguk anakku yang kuliah dan bekerja di Tokyo selama 2 minggu.

 "Mengapa tidak memanfaatkan waktu keliling Jepang?", kata banyak orang.

"Karena aku hanya ingin bersama anakk2, walau dia kuliah dan bekerja sampai malam. Tetapi aku bisa memeluk anakku untuk tidur sampai pagi, dan aku tidak mau meninggalkan anakku untuk sekdar jalan2, karena anakku yang terpenting", itu selalu jawabku ......

Soooooo ....., ketika bulan April kemarin aku membawa ibu dan adikku pertama kali kesana, dan tidak keluar kota anya mengeksplore Tokyo dan sekitarnya saja, kami juga tidak membeli JR Pass dengan pertimbangan2 "tidak keluar kota", dimana membeli kartu isi ulang SUICA menjadi lebih irit untuk kami.

Suatu hari kami ingin ke Gotemba. Sebenarnya, kami bsa dengan kereta dari Shinjuku, dan  karena aku pemakai kuri roda, aku merasa lebih nyaman dengan kereta tanpa kursi rodaku di simpan di bagasi bus. Shinjuku ke Gotemba dengan kereta yang termurah hanya 1.280 Yen, lewat  Odakyu Odawara Line -- Shin Matsuda -- lalu pindah stasiun kereta masuk JR Gotemba, berjarak 97.3 km dan berdurasi 132 menit.

Tetapi ketika aku Tanya kepada petugas stasiun, kereta ke Gotemba itu jarang. Per-1 jam, sehingga waktu akan terbuang. Mereka menyarankan naik bus, langsung ke Gotemba. Akhirnya, aku memilih naik bus kesana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun