Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Arsitek - Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

'Chinatown' versus 'Little Tokyo' di Los Angeles

13 Februari 2017   15:41 Diperbarui: 13 Februari 2017   16:07 923 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
www.expedia.com dan www.travelbook.com

Bukan suatu yang aneh jika China “menjajah” seluruh dunia dengan warganya. Ya, karena penduduk terbanyak di dunia adalah negara China. Dan bangsa China memang sudah terkenal sebagai pengembara dari dahulu sehingga ketika kita mulai mempelajari sejarah dunia, bangsa China benar2 memberikan dampak yang luar biasa, dengan bermukin di seluruh penjuru dunia.

Lalu sejak mereeka ada di seluruh penjuru dunia, merekaakan membentuk koloni nya sendiri. Warga dan bangsa China selalu mempunyai komunitas2 nya sendiri, yang menjadi awal mulai nya ‘chinatown’. Karena semakin banyak bangsa China yang mengembara, mereka selalu mencari koloninya (seperti juga bangsa2 lain jika merantau ke negara lain), dan semakin besar dan luaslah “Chinatown”.

Hampir di setiap negara, mempunyai Chinatown. Mereka mempunyai “kekuatan” tersendiri dengan membuat banyak kehidupan, terutama budaya dan kulinernya, yang justru menjadi “mitra” wisata dari kota atau negara yang menaunginya.

Seperti Chinatown di Jakarta, adalah sekitar Jalan Gajah Mada, Jakarta Kota sampai Pluit. Bahkan Jakarta sekarang mempunyai tempat2 yang dikataka dipenuhi oleh warga keturunan, seperti daerah kelapa Gading dan Jakarta Barat. Itu sah-sah saja, karena mereka berkembang pesat lewat perkawinan antar bangsa (awal mulanya) dan menjadikan keturunannya, sebagai bangsa di negara yang menaunginya …..

Bagitu juga Chinatown di Los Angeles. Dimana Los Angeles merupakan kota strategis dan terdekat dari China, pintu masuk ke Amerika. Dan kota Los Angeles merupakan kota paduan dan asimilasi budaya2 dunia. Disana mempunyai banyak koloni bangsa2 yang lain, sehingga Los Angeles benar2 merupakan kota yang segala bangsa ada disana ……

***

Lokasi China Town berada di pusat kota Los Angeles dan merupakan pusat komersial dan bisnis Asia, terutama China, yang terbentuk di tahun 1938. Meliputi bisnis central adalah restoran dan toko2 Asia. Juga mempunyai gallery seni, taman kota, pusat kesehatan serta fasilitas2 umum seperti rumah sakit, sekolah dan ‘pasar umum’ dan lingkungan perumahan berpenghasilan rendah.

Kehidupan Chinatown Los Angeles tidak berbeda dengagn kehidupan Chinatown2 di negara lain. Dan ChinaTown Los Angeles ini, benar2 menjadi 1 paket wisata. Dan warga Indonesia yang berada di Los Angeles, juga mempunyai komunitas2 nya disana.

Tetapi seperti yang aku katakana diatas sebelumnya, Los Angeles memangkota’semua bangsa ada’, termasuk bangsa Jepang. Jepang adalah ‘negara tetangga’ terdekat dengan Amerika, 10 jam terbang dari Jepang ke Los Angeles, bergandengan tangan dengan Samudra Pasifik. Sehingga, tidak heran jika di Los Angeles juga terdapat koloni bagsa Jepang, disebut ‘Little Toyo’ …..

***

Little Tokyo merupakan suburb Amerika dengan sebagia besar keturunan bangsa Jepang. ‘Little Tokyo’ yang lain ada di San Jose dan di San Francisco. Di Los Angeles didirikan di tahun 1995, dan semakin besar ketika bangsa Jepang mulai menjadi wisatawan dunia, dengan mengunjungi banyan negara2 di dunia. Dan bangsa Jepang walau bukan sebagai bangsa perantau, tetapi keberadaannya tidak bisa disangsikan lagi. Karena mereka adalah bangsa yang ‘kaya’, sehingga banyak uang keluar dari Jepang untuk berwisata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan