Mohon tunggu...
Christie M Nurman
Christie M Nurman Mohon Tunggu... Scuba Diver and Co-Founder of www.indonesea.id

I'm a scuba diver enthusiast who loves diving across Indonesia. I also co-founded www.indonesea.id

Selanjutnya

Tutup

Travel

Tips Liburan yang Aman di Tengah Pandemi

18 Juni 2021   18:47 Diperbarui: 18 Juni 2021   19:41 30 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Liburan yang Aman di Tengah Pandemi
Liburan dengan Liveaboard / sumber: indonesea.id

Biasanya sebelum pandemi, momen libur banyak digunakan untuk berwisata. Di saat pandemi pun, sebenarnya kita masih bisa untuk berwisata liburan dengan aman. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 selama berwisata.

Lokasi Liburan yang Berada di Ruang Terbuka

Wisata di ruang terbuka saat ini menjadi pilihan destinasi yang aman di tengah pandemi Covid-19 dan menjadi trend liburan belakangan ini. Mengapa harus di tempat outdoor? Karena di tempat indoor matahari tidak masuk dan sirkulasi udara tidak sebagus di tempat outdoor atau terbuka. 

Saat berada di ruang terbuka, udara terus bergerak, sehingga cenderung tidak cukup menghirup tetesan pernapasan "orang" yang mengandung virus Covid-19. Dengan berada di ruang terbuka, terutama pagi, sinar matahari dapat dimanfaatkan tubuh sebagai vitamin D. Pilihlah lokasi liburan di zona hijau yang lebih aman. 

Bersentuhan dengan alam sangat baik untuk kesehatan karena dapat meminimalisir stress. Anda bisa bersepeda, wisata ke pegunungan, scuba diving, snorkeling, trekking, dan tempat wisata di alam terbuka lainnya. Dan tentunya, pilihlah tempat yang tidak ramai.

Pilih Tempat Wisata yang Mengikuti Protokol Kesehatan

Disarankan agar anda lebih selektif sebelum berwisata. Carilah terlebih dahulu referensi tempat wisata sebelum berangkat ke destinasi wisata tertentu untuk memastikan kondisi dan fasilitasnya, apakah tempat wisata tersebut sudah mematuhi protokol kesehatan atau belum. 

Pilihlah tempat wisata yang terpercaya dan telah mematuhi protokol kesehatan, salah satunya yang membatasi jumlah wisatawannya, sehingga tidak terjadi kepadatan atau kerumunan di tempat wisata tersebut. Contohnya, wisata dengan akomodasi di kapal atau sering disebut dengan liveaboard. 

Berwisata dengan kapal liveaboard sangatlah aman, karena ukuran liveaboard memiliki kapasitas tertentu yang terbatas sehingga memungkinkan untuk melakukan wisata dan menghindari banyak orang, ditambah dengan protokol kesehatan yang wajib dilakukan salah satunya dengan melakukan tes covid-19 untuk memastikan kesehatan dan keamanan para tamu dan awak kapal. 

Bahkan saat ini mayoritas karyawan kapal sudah divaksin karena industri pariwisata dijadikan salah satu industri prioritas dalam program pemulihan ekonomi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN