Mohon tunggu...
Christian Lamudji
Christian Lamudji Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan Jurusan Matematika dengan peminatan Aktuaria. Saya memiliki hobi bermain badminton dan keyboard juga membaca komik online dan terkadang saya juga bermain game mobile seperti mobile legend dan sebagainya. Konten favorit saya adalah gaming, podcast, hiburan, pendidikan, dan olahraga.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

4 Oktober 2022   22:32 Diperbarui: 4 Oktober 2022   22:34 50 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Geladi Hominisasi dimulai sejak diberikan tugas pra geladi dan ditandai selesai dengan tugas pasca geladi ini. Mulai dari tugas pra geladi yang harus saya selesaikan untuk mendapatkan link zoom yang diperlukan untuk mengikuti acara geladi Hominisasi hingga tugas pasca geladi untuk mendapatkan sertifikat yang saya lakukan antara lain mengumpulkan tugas pra geladi juga mengikuti acara geladi Hominisasi dari awal hingga selesai juga mengerjakan tugas pasca geladi Hominisasi dengan sepenuh hati.

Pukul 07.30 saya sudah masuk zoom geladi Hominisasi yang diberikan pada alamat email oleh pihak Hominisasi LPH Universitas Katolik Parahyangan. Sebelum memulai acara geladi Hominisasi, sebagai warga negara yang baik pastinya kita menyanyikan lagu Indonesia Raya serta berdoa agar acara dapat berjalan lancer dan juga menyanyikan lagu mars Universitas Katolik Parahyangan. 

Selama acara, peserta diajak untuk aktif serta memperhatikan dengan baik hal yang dikatakan oleh pembicara. Tidak lama setelah memulai acara peserta diajak untuk mengisi quiz yang diberikan oleh panitia yang soalnya tidak jauh dari Indonesia. 

Setelah itu, tidak lama kita diajak untuk bertemu secara kelompok pada breakout room yang telah disiapkan oleh panitia untuk membahas tema yang diberikan per kelompok oleh panitia dimana kita diajak aktif untuk membahas persoalan tersebut. 

Dimana setelah itu, kita akan tampil dalam bentuk presentasi yang bisa tampil dengan cara apapun dimana bisa dalam bentuk presentasi umum, podcast, ataupun yang lainnya. Setelah itu, akan diadu setiap kelompok hingga mendapatkan pemenang kelompok terbaik. Tak lama setelah itu, acara selesai dengan penutup yaitu menyanyikan lagu mars Universitas Katolik Parahyangan.

Setelah mengikuti geladi Hominisasi, saya merasa kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara diperlukan selama kegiatan perkuliahan dimana sebagai mahasiswa perlu menggunakan bahasa yang baik juga sebagai mahasiswa kita perlu untuk berpikir cepat dan kritis.

Banyak manfaat yang saya dapatkan setelah mengikuti geladi Hominisasi antara lain kemampuan dalam berpikir cepat dan cepat tanggap, cara berbicara di depan publik yang baik dan benar, lebih percaya diri, juga lebih aktif dalam suatu kelompok. Selama mengikuti geladi Hominisasi juga diajarkan dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, belajar mengenai sejarah Indonesia agar lebih mengenal Indonesia sebagai warga negara antara lain quiz mengenai pahlawan Indonesia dan hari nasional Indonesia, juga agar bisa berpikir cepat dalam situasi tertentu.

Kemampuan yang saya pelajari secara singkat selama mengikuti acara geladi Hominisasi antara lain kemampuan berbicara di depan publik, cepat tanggap dan berpikir cepat, lebih percaya diri, dan aktif dalam suatu kelompok ini yang akan saya terapkan dalam perjalanan saya selama kuliah ini agar selama perkuliahan ini bisa berjalan sesuai yang diharapkan juga bisa lulus dengan baik. 

Cara saya untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan berbahasa sebagai warga negara antara lain dengan berlatih secara mandiri juga melakukan pembiasaan dimana bisa karena terbiasa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan