Mohon tunggu...
Boni Fatius Nugroho K
Boni Fatius Nugroho K Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Atma Jaya Yogyakarta

Your Future Director

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Jurnalisme Online dan Jurnalisme Multimedia

17 September 2021   21:07 Diperbarui: 17 September 2021   21:13 71 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jurnalisme Online dan Jurnalisme Multimedia
Sumber: IT-Jurnal.com

Jurnalisme Online

Melihat perkembangan teknologi media di masa sekarang membuat sebagian besar kebutuhan informasi masyarakat terpenuhi dengan adanya internet. Internet semakin menunjukkan kekuatannya sebagai salah satu solusi dari masa lampau, dimana jaringan dan akses informasi menjadi sesuatu yang begitu mudah untuk dilakukan. 

Dengan adanya internet menjadi tonggak munculnya berbagai macam jurnalisme, salah satunya ada jurnalisme online. Jurnalisme online merupakan jurnalisme yang memberikan kesempatan akses lebih luas dibanding jurnalisme konvensional, hal ini kembali didukung dengan adanya internet hingga kemudian muncul media online (Septiawan, 2005). 

Jurnalisme online membuat masyarakat dapat mengakses berita secara online misalnya lewat berbagai platform berita online seperti Detik.com, Kompas.com, Dll. 

Jurnalisme ini juga memiliki hubungan dengan karakteristik yang dimiliki oleh media baru atau new media dimana adanya karakteristik digital dan jaringan juga dirasakan dalam jurnalisme online. 

Ketika kita melakukan akses pada portal berita online seperti Detik.com misalnya, hal tersebut merupakan bentuk digitalisasi media dimana kita membaca berita bukan lagi dari media konvensional seperti koran tapi melalui internet. Kemudian mengenai jaringan, jika kita ingin membaca berita di portal berita online Detik.com karena sifatnya online  maka jaringan kita harus tersambung dengan internet. 

Karakteristik media baru atau new media berikutnya yang juga dapat dikaitkan dengan jurnalisme online adalah hipertekstual, dimana ketika kita mengakses berita di portal berita online kita dapat membaca berita dari mana saja yang kita mau, berbeda ketika kita membaca berita dengan media konvensional seperti koran atau surat kabar kita harus membaca berita secara urut agar kita mengetahui isi beritanya. 

Segala hal tersebut dapat saling berkaitan karena didasari adanya sistem yang berbasis online yang dihubungkan melalui internet sehingga akses yang dilakukan dapat berada di lingkup yang begitu luas. 

Sumber: smkmediatek.com
Sumber: smkmediatek.com

Jurnalisme Multimedia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan