Mohon tunggu...
M Chozin Amirullah
M Chozin Amirullah Mohon Tunggu... Relawan - Blogger partikelir

Antusias pada perubahan sosial, aktif dalam gerakan mewujudkannya. Menghargai budaya sebagai bunga terindah peradaban. Memandang politik bukan sebagai tujuan namun jalan mewujudkan keadilan sosial. Tak rutin menulis namun menjadikannya sebagai olah spiritual dan katarsis. Selalu terpesona dengan keindahan yang berasal dari dalam. Ketua Gerakan Turuntangan, Mengajak anak muda jangan hanya urun angan tetapi lebih bauk turun tangan. Kenal lebih lanjut di instagram: chozin.id | facebook: fb.com/chozin.id | twitter: chozin_id | Web: www.chozin.id

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Sociopreneur, Aksi Nyata Mahasiswa sebagai Agent of Change

3 November 2022   07:51 Diperbarui: 6 November 2022   14:02 227
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mereka para mahasiswa, terpilih diantara tiga ribuan peserta penerima beasiswa dari Baznas-Bazis DKI Jakarta. Jumlahnya tidak banyak tak lebih dari lima puluhan mahasiswa. Disebut sebagai mentor, tugasnya menjadi pembimbing buat mahasiswa lain yang lebih junior. Mereka dianggap memiliki kapasitas dan pengalaman lebih dari para mentee-nya terutama dalam membuat program-program sosial-kemasyarakatan. Ya, beasiswa ini memang mensyaratkan penerimanya harus aktif berkegiatan sosial di wilayahnya masing-masing: Jakpus, Jaksel, Jakbar, Jaktim, Jakut, dan tak lupa Kepulauan Seribu.

Masa Depan Jakarta (MDJ) adalah program dari Baznas-Bazis DKI Jakarta yang diperuntukkan bagi para mahasiswa dari keluarga tidak mampu di Jakarta. Program ini tak sekedar memberikan beasiswa untuk pembiayaan kuliah, tetapi juga pembinaan untuk para penerimanya. Disamping itu, para penerima beasiswa juga diwajibkan untuk menjalankan program sosial dan pemberdayaan di masyarakat. Tujuannya, selain memberikan kontribusi untuk masyarakat juga untuk mengasah kepekaan sosial mahasiswa.

Siang itu, sebagai pembina MDJ saya memberikan materi pertama pada pembekalan mentor MDJ dengan topik Sociopreneur. Sociopreneur pada hakikatnya adalah memadukan antara enterpreneur dengan manfaat sosial. Sociopreneur mengajak kita untuk memanfaatkan prinsip-prinsip manajemen modern dalam berkegiatan sosial. Atau sebaliknya, mengorientasikan kegiatan bisnisnya untuk mengabdi pada sosial.

Semoga bisa memberikan manfaat buat peserta

Yuk simak tulisanku yang lain:

Nilai Kesederhanaan dalam Keluarga Anies Baswedan

Sumpah Pemuda dan Modal Persatuan Bangsa

Bukan KKN di Desa Penari, tapi di Sragi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun