Mohon tunggu...
M Chozin Amirullah
M Chozin Amirullah Mohon Tunggu... Relawan - Blogger partikelir

Antusias pada perubahan sosial, aktif dalam gerakan mewujudkannya. Menghargai budaya sebagai bunga terindah peradaban. Memandang politik bukan sebagai tujuan namun jalan mewujudkan keadilan sosial. Tak rutin menulis namun menjadikannya sebagai olah spiritual dan katarsis. Selalu terpesona dengan keindahan yang berasal dari dalam. Ketua Gerakan Turuntangan, Mengajak anak muda jangan hanya urun angan tetapi lebih bauk turun tangan. Kenal lebih lanjut di instagram: chozin.id | facebook: fb.com/chozin.id | twitter: chozin_id | Web: www.chozin.id

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Rumah Komunitas Bambu, Rumah Asri ala JJ Rizal

17 September 2021   07:00 Diperbarui: 17 September 2021   07:02 108 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Rumah Komunitas Bambu, Rumah Asri ala JJ Rizal
Dok. pribadi

Sudah lama mendengar dari seorang kawan tentang rumah sejarawan kondang itu, rumahnya unik, etnik, asri, dan banyak pepohonan bahkan sampai ke dalam relung-relung rumahnya. Banyak pohon? "Wow... suatu saat aku harus menyempatkan diri ke rumahnya", kataku. Aku memang suka tanaman, aku menanam berbagai jenis tanaman di lingkungan rumahku. Aktivitas rutin pembuka hariku setelah ibadah pagi adalah berinteraksi dengan tanaman: menyiram, memupuk, menyiangi, memangkas dan menatanya.

Akhirnya, kemarin kesempatan itu datang, dengan tanpa direncana jauh-jauh hari sebelumnya. Begitu dadakannya, hingga saya bahkan sampai rumah tersebut lebih dahulu dari pada tuan rumahnya. Kebetulan kami sedang merencakan 'sesuatu' tentang program penyelamatan lingkungan di sekitaran sungai Ciliwung. Secara dadakan kami meutuskan untuk melakukan rapatnya di rumahnya JJ Rizal. Jadilah kami datang ke rumahnya untuk rapat. Tuan rumah sendiri malah sedang ada kegiatan di luar, akan tetapi karena salah satu yang akan rapat memang terbiasa tinggal di rumah itu maka kami rapat di situ meski tuan rumahnya belum datang.

Rumah itu memang asri, berbagai jenis tanaman berada di segala sisi lingkungan rumah. Bukan hanya di lingkungan luar rumah, bahkan di dalam rumah juga ada tanaman. Mulai dari tanaman meninggi, tanaman menempel, hingga tanaman menjalar. Kata tuan rumah JJ Rizal, kenapa dia memiliki koleksi demikian banyak tanaman? Karena dia mensyaratkan setiap mahasiswa yang akan wawancara dia untuk membawa tanaman.

Selain tanaman, rumah itu penuh buku, ada koleksi ribuan buku -- utamanya buku sejarah -- yang tersebar mulai dari lantai dasar sampai lantai empatnya. Sebagian buku juga teronggok dalam jumlah banyak dengan judul yang sama, mirip seperti digudang, karena memang rumah tersebut menjadi rumah buat sebuah penerbitan buku: Komunitas Bambu.

Berada di lingkungan rumah JJ Rizal sangat tenang dan menyenangkan. Tak perlu AC untuk mendinginkan rumah tersebut, karena tanaman dan jendela ada di berbagai sisinya. Terima kasih JJ Rizal yang sudah memberikan kesempatan berkunjung dan menemani kami ngobrol hingga hamper tengah malam.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan