Mohon tunggu...
Aldi
Aldi Mohon Tunggu... Mahasiswa

Penulis

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tetap Berprestasi di Masa Pandemi Covid-19

5 Juli 2020   23:25 Diperbarui: 5 Juli 2020   23:22 115 1 0 Mohon Tunggu...

SURAKARTA -- Pandemi virus Corona (Covid-19) di Indonesia membuat sekolah dan perguruan tinggi menghentikan proses pembelajaran tatap muka. Sebagai gantinya, pembelajaran dilakukan dengan pembelajaran daring. Universitas Sebelas Maret (UNS) juga menerapkan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Pembelajaran daring yang diterapkan UNS membuat beberapa kebijakan diubah, salah satunya adalah kuliah kerja nyata (KKN).

Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya bertempat di daerah-daerah desa diberbagai penjuru Indonesia. Berlangsung antara satu sampai dua bulan di desa tersebut untuk mahasiswa melakukan pengabdian masyarakat. Di masa pandemi, kini mahasiswa harus melaksanakan KKN di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing dengan tema Covid-19. Salah satunya adalah Aldi, mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UNS.

Aldi tinggal di Joyotakan RT 02 RW 03 Serengan Surakarta. Joyotakan merupakan kawasan zona merah Covid-19 setelah beberapa warganya positif terinfeksi Covid-19. 230 warga dikarantina mandiri dan seluruh akses keluar masuk Joyotakan ditutup dan dijaga oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 setempat.

Kendati di rumah saja untuk menjalankan karantina mandiri, Aldi berusaha untuk tetap berprestasi dengan memanfaatkan teknologi. Ia mengikuti beberapa lomba seperti videografis dan desain poster yang diselenggarakan secara daring. Hasilnya sudah 2 juara tingkat nasional yang Ia dapat yaitu juara 1 lomba media pembelajaran yang diselenggarakan oleh Universitas Veteran Bangun Nusantara dan juara 1 lomba video kreatif tips menjaga lingkungan hidup di masa pandemi yang diselenggarakan oleh Universitas Jember.

Kebetulan Ia mengambil tema KKN Covid-19 UNS "Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19" sehingga Ia dapat mengerjakan KKN dari rumah dengan desain grafis dan video editing untuk disesoalisasikan melalui media sosial. Selain untuk disosialisasikan Ia juga mengikutkan hasil karyanya untuk diikutsertakan di perlombaan daring bertema Covid-19. Walaupun KKN Covid-19 telah usai, Ia berniat untuk terus mengikuti perlombaan daring.

VIDEO PILIHAN