Mohon tunggu...
Chindy Surya Pratiwi
Chindy Surya Pratiwi Mohon Tunggu... Chindy

Chindy

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Aku Berbakat Atau Bertalenta?

25 September 2020   21:13 Diperbarui: 25 September 2020   21:25 25 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aku Berbakat Atau Bertalenta?
idntimes.com


Banyak cerita-cerita inspirasi yang kita temukan dari berbagai belahan dunia. Dari berbagai cerita kesuksesan orang-orang dari dunia keagamaan, keartisan, akademik, keolahragaan dan lain sebagainya.

Contohnya dapat kita ketahui seperti kesuksesan penyanyi cilik yang sedang naik daunnya sekarang yaitu "Alwiansyah si bocah viral" begitulah sebutannya.

Bocah asal Sulawesi tenggara ini viral sebagai penyanyi bersuara meerdu dan memiliki ekspresi yang lucu dan tak jarang penonton yang melihatnya akan terpukau dan tertawa secara bersamaan.

Alwiansyah mulai dikenal setelah video ketika ia bernyanyi dan berekspresi lucu di unggah di media sosial. Ia tak hanya bisa bernyayi saja melainkan juga bisa mengaji.

Dengan bakat yang ia miliki, Alwiansyah sering kali di undang dalam berbagai acara televisi tak jarang di ajak berkolaborasi bernyanyi dengan para penyanyi papan atas lainnya. Dan banyak orang yang mengagumi bakat yang dimilikinya.

Contoh di atas merupakan salah satu dari bakat. Setiap orang pasti memiliki bakatnya masing-masing, begitupun dengan kita semua pasti memiliki bakat yang berbeda-beda pula. Mungkin saja kita mempunyai bakat yang tidak kita sadari.

Maka dari itu marilah kita kenali diri kita terlebih dahulu agar mengetahui apa saja minat dan bakat yang kita miliki. "Tahukah kalian apa berbedaan dari bakat dan talenta?"

Dimaksud dengan bakat ialah suatu kondisi atau kemampuan yang dimiliki seseorang yang dikuasai dan dipelajari dengan waktu yang singkat. Selain itu, keluarga dan lingkungan sekitar juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan bakat yang dimiliki anak.

Menurut Lucy (2010), pengertian bakat adalah suatu kemampuan bawaaan yang masih perlu dikembangkan atau latihan agar mencapai suatu kecakapan, pengetahuan dan lain sebagainya dalam waktu singkat.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengasah bakat, bisa dilakukan dengan latihan yang sungguh-sungguh dan bakat tidak akan berkembang jika tidak diasah sehingga akan hilang begitu saja tanpa ada kesempatan untuk mendalaminya.

Hal-hal yang harus dimiliki orang tua untuk meningkatkan bakat anak, diantaranya yaitu:
1.Sebagai orang tua harus menghargai segala pendapat anak dan memberikan dorongan-dorongan yang positif terhadap pendapat anak.
2.Memberikan banyak kesempatan kepada anak untuk berpikir, merenung dan berkhayal.
3.Memberikan kebebasan pada anak untuk berkesempatan bertanya segala hal.
4.Mnyakinkan anak bahwasannya orang tua selalu menghargai apa pun yang ingin dilakukan anak.
5.Ikut serta membantu dan mendorong setiap kegiatan yang dilakukan anak untuk mengembangkan segala bakat yang dimilikinya.
6.Orang tua juga harus sering memberikan pujian sebagai apresiasi atas prestasi yang anak dapatkan dalam mengembangkan bakatnya.
7.Melatih anak untuk bekerja.
8.Bekerja sama antar orang tua dan anak dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang positif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x