Mohon tunggu...
Chiavieth Annisa
Chiavieth Annisa Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis

Kenapa bercerai? "Anna, ini surat cerainya, kamu tinggal tanda tang... Baca selengkapnya di aplikasi KBM App. Klik link di bawah : https://read.kbm.id/book/read/82d6fdcb-4cc0-45a3-988e-fa2598e8401a/b0fefe4b-0f92-4e4a-ac56-0793fcad5fa3

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Menyemai Harapan di Tengah Perkotaan

9 Mei 2024   23:57 Diperbarui: 10 Mei 2024   00:21 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Hari ini memang mau bahas seputar gen z (seputar remaja) yang mungkin sudah tidak asing dengan kota-kota besar yang penuh dengan gedung tinggi dan teknologi canggih. Tapi tahukah kamu bahwa ada satu hal keren lainnya yang sedang menggebrak di dunia modern ini? Yup, pertanian! Pertanian tidak lagi hanya hal kuno di pedesaan, tetapi telah menjadi tren baru yang semarak di tengah kehidupan perkotaan kita.

 

Mungkin kita berpikir, "Tapi apa yang menarik dari pertanian?" Well, begini ceritanya. Pertanian adalah panggung di mana kita bisa menjelajahi keajaiban sederhana yang ada di sekitar kita. Dalam dunia pertanian, kita belajar tentang siklus alam, menghargai tanah yang subur, dan keajaiban makanan yang tumbuh di depan mata kita.

 

Bukan hanya itu, pertanian juga memberi kamu kesempatan untuk terlibat dalam aktivitas fisik, menghilangkan kebosanan dan kecanduan teknologi. Kamu bisa merasakan kelegaan saat berkebun, menyiram tanaman yang sedang bertumbuh, dan melihat mereka berkembang dari biji ke tumbuhan yang subur.

 


Selain itu, pertanian juga memberikanmu kesempatan untuk berkontribusi dalam memastikan pasokan pangan yang berkelanjutan dan sehat untuk masa depan. Dengan belajar tentang praktik pertanian yang ramah lingkungan, generasi Z bisa menjadi pahlawan hijau yang peduli dengan bumi kita. Kamu bisa mulai dengan memiliki kebun sayur kecil di rumahmu, mendukung petani lokal, atau bahkan mempelajari teknik pertanian organik.

 

Jadi, bagaimana cara masuk ke dunia pertanian? Kamu bisa bergabung dengan komunitas pertanian perkotaan yang ada di sekitarmu atau mengikuti kursus pertanian online yang keren. Ada banyak sumber daya digital yang tersedia untukmu, seperti vlog pertanian, blog petani muda, dan platform media sosial yang berbagi tips dan trik pertanian. Kamu juga bisa bergabung dengan kelompok diskusi online untuk bertukar pengalaman dengan para petani muda lainnya di seluruh dunia.

 

Jadi, Generasi Z, jangan lewatkan tren pertanian yang keren ini. Pertanian bukan hanya soal tanaman dan hewan, tetapi juga tentang kehidupan yang lebih berkelanjutan dan menyehatkan bagi kita dan bumi kita. Ayo, mulai dari sekarang, kita bisa menjadi petani modern yang menciptakan masa depan yang cerah!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun