Mohon tunggu...
Chelvia Ch. Meizar
Chelvia Ch. Meizar Mohon Tunggu... -

Hanya orang biasa yang melakukan hal-hal biasa. Ibu dari 4 anak. Penulis skenario dan penulis buku. Punya banyak mimpi dan mencoba merealisasikannya satu demi satu.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Kreatif! 1000 Musisi Italia Bujuk Foo Fighters Manggung di Cesena

19 Januari 2016   08:34 Diperbarui: 19 Januari 2016   09:13 357
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Meminta band kesayangan agar mau hadir dan manggung dengan cara yang sangat kreatif dan benar-benar menghibur , menurut saya sih, keren! Tapi menghadirkan sampai 1.000 musisi lokal dan menyanyikan Learn to fly-nya Foo Fighters dengan begitu ciamik dan indah, bukan cuma keren, tapi juga gila dan sesuatu banget! Nggak heran … kolaborasi ini bikin pentolan band tersebut, Dave Grohl meleleh!

Sebetulnya sih, saya nggak sengaja nonton video ini. Waktu menyalakan CNN Indonesia Pagi, melihat tayangan ratusan orang kolaborasi ala mega orchestra di lapangan luas, menyanyikan lagu yang lumayan familiar .. tapi saya nggak tahu judulnya apa, nama bandnya apa. Tapi karena mengikutinya pas diakhir tayangan … saya minta Adin merewind. Tapi gagal. Kata Adin. “Ma, itu mereka nyanyiin lagunya Foo Fighters. Enak ya maa?”

“Iya, enak …. Nyam nyaaammm (#nggak jelas). Hmm … nanti aku lihat di youtube deh!” sahut saya.

Kebetulan hari ini saya lagi ‘butek’ gara-gara headwriter saya kirim revisian lumayan banyak. Jadi nggak apa-apa juga sambil nulis, disambi nonton hiburan di youtube. Biasanya lagu wajib saya adalah tembang-tembang lawas Genesis. Tapi karena penasaran, nggak ada salahnya saya cari di youtube, itu tadi yang di CNN Indonesia, tayangan buat konser apa. Begitu dapat, ternyata kegiatan ini untuk proyek Rockin’1000. Para musisi – baik penyanyi, drummer, gitaris, bassist – jumlahnya seribu orang berkumpul di lapangan dan menyanyikan tembang Foo Fighters yang dirilis tahun 1999 ini.

Waktu menonton ‘konser’ ini secara keseluruhan, saya yang belum ngeh, malah sibuk nyari-nyari … mana personil Foo Fighters, terutama Dave Grohl, yang saya tahunya jebolan drummer-nya Nirvana. Kok nggak ada. Padahal, serius deh, ini konser bikin saya merinding, ada sesuatu yang ‘aneh’ merambat di hati saya. Bener! Terharu, senang, bahagia … bikin saya yang lagi ngetik ikut lompat-lompat dan bergoyang di kursi yang saya duduki. Rasanya seneng banget dan bikin semangat. Mata saya bahkan sempat berkaca-kaca ketika melihat mereka memainkan musik itu dan menyanyikannya dengan penuh perasaan, semangat dan happy banget! Bahkan saat melihat mereka bernyanyi atau memainkan musik, mata mereka begitu berbinar-binar. Olalaa … saya langsung membayangkan, seandainya saya ada di sana dan bergabung di mega konser ini – minimal jadi penonton atau tukang megangin kabel -- pasti bakalan jadi pengalaman yang ruarrr biasaaahhh!!!! Jadilah … saya ulang beberapa kali. Hanya pada bagian lagu itu saja. Waktu itu saya mikir, sayang banget si Grohl cs nggak dateng. Ini kan sesuatu banget!

Tapi akhirnya kehadiran sosok bertubuh tinggi kurus dan berambut kucai seusai konser yang bicara di podium. Saya lagi-lagi nggak ngeh. Tapi karena terus berulang kali saya putar itu video, akhirnya saya tertarik untuk mendengarkan pidato lelaki itu. Dan … saya langsung terhenyak … tertegun … (#dramaaaa) ternyata mega orchestra itu dibuat khusus para penggemar Foo Fighters yang meminta Dave Grohl cs datang ke kota mereka Cesena, Itali, buat menggelar konser! Aduh … keren bangettttt ….

Yang ada di kepala saya saat itu, pasti penggagasnya adalah penggemar fanatic Foo Fighters, jadi dia membuat ide super duper gila ini hanya untuk mengundang band kesayangannya manggung di kota kecil mereka di Italia. Saya jadi pengen tahu behind the scene proyek ini. Ternyata penggagasnya adalah Fabio Zaffagnini. Wah!

Akhirnya, disela-sela deadline revisi, saya riset kecil-kecilan. Mengubek-ngubek Mbah Google dan menemukan artikel kecil di Guardian.com, yang saya terjemahkan lewat google translate, karena I can speak English but little-little ajah … jadi jangan komplain kalau hasilnya rada belepotan, hehehe.

Zaffagnini ternyata ngefans banget sama band internasional yang berdiri tahun 1994, asal Seattle, Washington, Amerika Serikat ini, Suatu ketika dia mendengar Foo Fighters akan manggung di Eropa dan tidak ada daftar nama Cesena, kota kecil tempat tinggalnya, dalam tour Eropa mereka, Zaffagnini mikir, gimana kalau dia melakukan sesuatu agar band ini mau tampil di Cesena.

Tidak mau kehilangan akal, Zaffagnini memutar otak. Dan akhirnya dia mendapat inspirasi setelah menonton film komedi School of Rock yang dibintangi Jack Black (2003)  https://www.youtube.com/watch?v=yXQMnwSeJig “Ada kalimat Black yang begitu membekas dalam hati dan pikiran saya. ‘ Jika kamu benar-benar menginginkan sesuatu, mintalah! Dan ini akan bekerja jauh lebih baik jika ada seribu orang berteriak dibelakangmu. Hal itu terwujud ketika Black dan Sutradara Richard Linklater meminta izin untuk menggunakan lagu dari Led Zepplin di film School of Rock, dibantu sekitar 1000 orang yang mensupportnya agar Led Zepplin memberi izin. And it’s work! Jadi kayaknya keren banget kalau saya melakukan hal yang sangat istimewa untuk membujuk Foo Fighters.”

Apa sekedar membujuk? Nggak bakalan mempan pastinya. So, Zaffagnini berfikir … kayaknya keren banget kalau salah satu lagu Foo Fighters yang pernah nge-hits, Learn to Fly, dinyanyikan oleh 1000 orang. Tapi gimana caranya?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun