Mohon tunggu...
Chelsea Viana
Chelsea Viana Mohon Tunggu... Hai

Hallo, saya adalah penulis baru dalam kompasiana :)

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Menulis di Kompasiana

25 Oktober 2020   17:56 Diperbarui: 25 Oktober 2020   18:07 6 4 0 Mohon Tunggu...

Dalam dunia digital saat ini seringkali kita mengeluarkan pendapat melalui platform berbasis internet. Bagaimana tidak? Dengan kemudahan yang disuguhkan oleh teknologi membuat kita bisa menyampaikan berbagai opini, ilmu, serta berbagai pengalaman hanya dengan duduk santai sambil ditemani segelas kopi lalu mengetik di depan Laptop atau Smartphone. Hanya tinggal klik unggah, kemudian opini mu sudah bisa di lihat oleh khalayak umum seperti yang saya lakukan saat ini. Hehe sungguh mudah, bukan?

Yap, teknologi media komunikasi memang sudah sangat canggih. Untuk menyampaikan sebuah informasi dan berkomunikasi dengan banyak orang tidak harus membutuhkan waktu dan tenaga yang besar. 

Sehingga muncul istilah Citizen Journalizm, yaitu sebutan bagi warga yang melakukan pelaporan informasi/berita mengenai suatu peristiwa memalui media berbasis internet. Melihat fenomena ini, sebuah platform bernama Kompasiana menyuguhkan akses bagi khalayak umum yang ingin membuat tulisan namun bingung akan di unggah dimana.

Pada awalnya Kompasiana merupakan sebuah blog jejaring internal untuk jurnalis dan karyawan Kompas Gramedia, walaupun saat ini sudah bertransformasi sebagai platform blog dan publikasi online yang dikembangkan oleh Kompas Cyber Media dimana setiap konten dibuat dan ditayangkan langsung oleh pengguna Intenet yang memiliki akun Kompasiana. 

Kompasiana yang mengusung slogan "Beyond Blogging" dimana mereka menyediakan platform bagi siapa saja yang ingin memuat tulisannya dalam Kompasiana (disebut Kompasianer).

Meski terbilang mudah memuat tulisan pada Kompasiana karena dipersilahkan untuk semua orang, namun sebelum mengunggah pastikan sudah melakukan pendaftaran akun dan membaca syarat ketentuan pada Kompasiana. Oleh karena itu, saya akan membagikan bagaimana langkah -- langkah dalam membuat akun dalam kompasiana agar tulisan yang kita buat bisa diunggah dalam kompasiana.com dan dapat di akses oleh khayalak umum.

  • Pertama, kamu bisa membuka laman www.kompasiana.com
  • Kedua, silahkan kamu lihat pada pojok kanan atas terdapat tombol Daftar. Klik disana kemudian akan muncul tampilan untuk kamu mendaftarkan diri yang didalamnya terdapat: Nama lengkap, Gender, Tanggal Lahir, Nomor Handphone. Setelah mengisi biodata silahkan klik lanjutkan.
  • Pada tahap ini, hanya tinggal melakukan verifikasi pada email kamu. Silahkan masuk kedalam email yang kamu gunakan saat mendaftar.
  • Disana kamu hanya tinggal klik link yang diberikan oleh kompas. Dan, taraa.. Akun kamu sudah berhasil di buat!

Mudah sekali bukan? Saat ini kamu sudah bisa menulis dan megunggah pada laman kompasiana. Tapi kalau kamu merasa masih terdapat kesulitan saat melakukan pendaftaran, kamu bisa klik link video tutorial membuat akun Kompasiana disini, ya. Saya sudah membuatkannya untuk kamu, semoga dapat membantu. Selamat mencoba!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x