Mohon tunggu...
Chatya Putri Rezate
Chatya Putri Rezate Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa di Universitas Pendidikan Indonesia

Seorang Mahasiswi akuntansi di Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik UPI 2021: Upaya Menjaga Kualitas Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

26 Juli 2021   07:31 Diperbarui: 26 Juli 2021   07:44 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sudah satu tahun lebih sejak munculnya kasus pertama konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia pada tanggal 2 Maret 2020. Namun hingga saat ini jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dan jumlah kematian terus meningkat. Sektor pendidikan merupakan salah satu sektor yang sangat terpengaruh oleh kondisi pandemi Covid-19. Sejak awal pandemi sistem pembelajaran tidak dapat dilakukan secara tatap muka untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19 pada anak, sehingga dalam melaksanakan pembelajaran harus dilakukan secara daring atau dikenal dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Pembelajaran jarak jauh tentunya memiliki beberapa tantangan. Para guru, siswa, serta orang tua harus beradaptasi dengan teknologi yang ada untuk mendukung pembelajaran secara daring. 

Para guru harus mengubah sistem dan cara mengajar, para siswa yang jenuh dengan tugas yang menumpuk dan kurang memahami materi, dan orang tua yang kesulitan dalam membimbing anak di rumah. 

Kita tentunya menginginkan kualitas pembelajaran tetap meningkat walaupun dalam kondisi serba terbatas ini namun kurang siapnya guru, siswa, dan orang tua dengan sistem pembelajaran yang baru ini membuat pembelajaran tidak se-efektif pembelajaran tatap muka.

Pada 19 Juli 2021 para siswa telah memasuki tahun ajaran baru, pengalaman pembelajaran daring pada tahun ajaran lalu menjadi evaluasi bagi semua pihak. Motivasi siswa dalam pembelajaran daring menjadi salah satu evaluasi yang harus diperhatikan. 

Pada saat pembelajaran daring anak cenderung bangun siang dan kurang semangat untuk mengerjakan kewajiban pembelajaran daring di rumah. 

Reni seorang ibu rumah tangga dan memiliki dua anak yang masih bersekolah menanggapi hal serupa "Sejak pembelajaran daring anak anak menjadi kurang disiplin sering bangun siang, tidak seperti pembelajaran tatap muka yang mengharuskan bangun pagi untuk berangkat ke sekolah sebelum jam 7 selain itu dalam mengerjakan tugas juga selalu mepet dengan deadline yang diberikan guru". 

Dalam hal ini tentunya peran orang tua juga sama besarnya dengan guru untuk membimbing dan memotivasi anak ketika pembelajaran daring, terutama bimbingan karakter pada anak.

Oleh karena itu para mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia dibawah naungan dan bimbingan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UPI melaksanakan KKN untuk membantu guru, siswa, dan orang tua untuk mencapai tujuan pembelajaran di masa pandemi ini. Kegiatan KKN dilakukan secara individu dan kelompok terbatas di masing masing desa atau tempat tinggal mahasiswa. Pada tahun ini tema besar KKN UPI adalah "Kuliah Kerja Nyata Tematik Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi Covid-19" setelah itu tema besar ini akan dibagi dua meliputi: 

(1) Membangun desa melalui bidang pendidikan dan; 

(2) Membangun desa melalui bidang ekonomi masyarakat. Setiap mahasiswa boleh mengambil salah satu tema KKN, jika mengambil tema pendidikan mahasiswa akan mendampingi guru, siswa dan orang tua selama 30 hari yaitu tanggal 3 Juli 2021 hingga 3 Agustus 2021.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun