Mohon tunggu...
Sirilus
Sirilus Mohon Tunggu... Guru - pencinta budaya terutama budaya Manggarai dan filsafat. Juga ingin studi antropologi.

Saya ingin mengajak kaum muda untuk melestarikan budaya kita. Ini adalah harta kekayaan kita yang berharga. Saya juga peduli dengan peristiwa yang terjadi di masyarakat. Untuk itu subscribe chanel youtube saya :motivasi hidup . Chanel ini berisi musikalisasi puisi dan video mengenai budaya dan daerah wisata.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Olahan Nasi Jagung dan Tepung Jagung yang Bermanfaat, Hemat, dan Bergizi

22 Februari 2024   00:58 Diperbarui: 22 Februari 2024   14:54 646
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi nasi jagung. (Dok Shutterstock/MSutanto)

Pernah kalian mencoba makan nasi jagung, beras yang dicampur dengan jagung yang sudah digiling. Dalam keluarga kami sering makan nasi yang seperti ini. Makanan yang bergizi dan juga bisa menghemat pengeluaran. 

Sering kali saya melihat orang yang sudah mengalami sakit tertentu makan makanan yang seperti ini. Untuk mengurangi penyakit yang diderita dan agar yang sedang sakit dapat tetap bertahan hidup. Pengolahan nasi yang dicampuri jagung ini juga sangat mudah. Apalagi harga jagung yang sudah digiling terbilang masih murah.

Mengolah Jagung untuk Dicampuri Beras

Di rumah saya sering mengolah jagung ini untuk mencapai hasil yang bisa dicampur dengan beras saat dimasak. Langkah-langkah dalam mengolah jagung ini, juga sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Jagung yang diolah itu adalah jagung yang sudah mengeras atau bukan jagung yang masih mudah. 

Pertama, jagung dipisahkan dari batangnya, melalui proses manual dengan mengunakan kedua tangan. 

Kedua, jagung yang sudah dipisahkan dari batangnya itu dijemur selama satu sampai tiga hari tergantung pada cuaca. Apabila cuaca cerah dengan panas matahari yang baik dapat dijemur hanya dua hari. 

Ketiga, proses pengilingan. Jagung yang sudah dijemur kalau sudah dirasakan bisa untuk diproses dalam penggilingan, selanjutnya digiling. Nanti tepungnya jalan lain dan bagian dari jagung yang bisa untuk dicampur dengan beras akan jalan pada tempat lain sehingga bisa langsung diproses untuk dimasak.

mediaindonesia.com
mediaindonesia.com

Cara Memasak Nasi Jagung

Dalam keluarga saya melihat mama saya memasak nasi jagung ini dengan takaran-tekaran tertentu. Misalnya alat takaran itu gelas, maka cara memasaknya adalah dengan tiga berbanding satu atau lima berbanding satu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun