Mohon tunggu...
Charles Yohanes Olin
Charles Yohanes Olin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Penerima Beasiswa Unggulan Kuliah 100% Dari Kemdikbud. Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Jakarta Selatan. Jurusan Perhotelan.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Manfaat dari Mengonsumsi Kopi

5 Agustus 2021   00:18 Diperbarui: 5 Agustus 2021   00:21 42 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaat dari Mengonsumsi Kopi
Sumber: Cafebrick

Hallo! saya Charles Yohanes Olin mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta Selatan, Jurusan Perhotelan. Dan saya adalah salah satu penerima Beasiswa Unggulan 100% Kemdikbud.

Kopi adalah salah satu minuman yang memiliki banyak penggemarnya, rasanya yang pahit membuatnya justru disukai oleh banyak orang. Selain itu kopi juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Oleh karena itu pada artikel saya kali ini, saya akan menjelaskan tentang "Manfaat Dari Mengkonsumsi Kopi". Simak terus artikel ini untuk dapat mengetahuinya.

1. Membantu Membakar Lemak

Seperti yang kita ketahui, minuman kopi pastinya mengandung zat kafein. Kafein adalah salah satu zat alami yang terbukti dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang dapat berfungsi untuk meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Jadi kopi sangat cocok untuk dikonsumsi bagi kalian yang sedang mengikuti program diet, namun diharapkan untuk tidak mengkonsumsi kopi secara berlebihan.

2. Menjaga Kesehatan Organ Hati

Ternyata kopi dapat melindungi hati dari penyakit sirosis.  Dimana kopi sendiri memiliki kemampuan serta efek protektif yang dapat melindungi organ hati. Selain itu beberapa penelitian juga menemukan fakta bahwa orang yang mengkonsumsi kopi secara rutin memiliki kadar enzim hati dalam batas normal dibandingkan orang yang jarang mengkonsumsi kopi. Mereka memiliki resiko 80% lebih rendah untuk terjadinya penyakit hati. 

Namun diingatkan kembali agar tidak mengkonsumsi kopi secara berlebihan, kerana sesuatu yang berlebih itu tidak baik :>

3. Sumber Antioksidan

Kopi mengandung antioksidan yang bekerja sebagai pelindung kesehatan tubuh. Hal ini karena antioksidan dapat menangkal racun-racun dalam tubuh dan menghambat terjadinya kerusakan sel tubuh. Antioksidan pada kopi dapat membantu mengurangi kolesterol, menurunkan gula darah, hingga risiko obesitas. Kandungan antioksidan pada kopi lebih tinggi dibandingkan dengan buah dan sayur-sayuran. 

4. Mengurangi Risiko Diabetes

Manfaat kopi yang penting bagi kesehatan yaitu mengurangi risiko terjangkit penyakit diabetes, khususnya diabetes tipe 2. Dimana manfaat kopi untuk menurunkan risiko terserang penyakit diabetes tipe 2 ini telah dibuktikan dengan berbagai penelitian yang telah dilakukan. Oleh karena itu mengkonsumsi kopi secara rutin sangat berdampak baik dalam menjaga tubuh terkena penyakit diabetes tipe 2. 

5. Membantu Menahan Pertumbuhan Kanker Tertentu

Kopi dipercaya memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko terjadinya kanker. Seperti yang dikutip dalam situs Harvard School of Public Health menyebutkan bahwa kopi dapat menganggu pertumbuhan serta penyebaran sel kanker di dalam tubuh. Kopi memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko terjadinya berbagai macam kanker seperti kanker prostat, kanker hati, dan lain sebagainya.

Selain itu, penelitian baru menunjukkan bahwa meminum empat atau lebih cangkir kopi setiap hari menurunkan risiko kanker endometrium pada wanita sebesar 25 persen dibandingkan dengan wanita yang minum kurang dari satu cangkir sehari.  

6. Menurunkan Stress

Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu meredakan sakit kepala dan menurunkan tingkat stres. Hal ini yang menjadi faktor kenapa banyak orang cenderung mengkonsumsi kopi saat aktivitas yang padat. Selain itu mengkonsumsi kopi dapat meningkatkan emosi yang positif seperti rasa senang. Hal inilah yang dapat membantu menurunkan tingkat stres yang dialami seseorang. 

7. Meningkatkan Fungsi Otak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN