Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... Suka membaca, menulis, berolahraga, berjejaring dan berbagi kebaikan.

Untuk sesuatu yang tidak dapat dikatakan, aku harus mengatakannya!!

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

Mengenal Variegasi pada Janda Bolong yang Bikin Kantong Bolong

14 Januari 2021   13:52 Diperbarui: 14 Januari 2021   14:06 116 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Variegasi pada Janda Bolong yang Bikin Kantong Bolong
Penampakan Monstera Adansonii (kiri) dan Monstera Adansonii Variegate/ kolase foto Kompas.com

Mengapa Janda Bolong (maaf bila mendapati kesalahan penulisan menjadi Janda Bolang) begitu mencuri perhatian belakangan ini? Apakah Janda Bolong masih diminati dan masuk daftar perburuan tanaman hias 2021? Adakah jenis lain yang akan bersaing di list tanaman hias 2021 yang paling dicari?

Jujur, saya bukan penggemar tanaman hias. Ramainya pemberitaan terkait tren tanaman hias belakangan ini akhirnya membuatku tergoda. Bukan untuk ikut mendapatkannya, tetapi sekadar ingin mengetahui sebab musababnya. Apa istimewanya tanaman-tanaman itu sampai-sampai orang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkannya?

Mari mulai dengan Janda Bolong. Nama Latinnya Monstera Adansonii Variegated.  Merujuk nama ilmiah tersebut, Janda Bolong bergenus Monstera. Monstrea memiliki sekitar 48 spesies. Meski begitu tidak semua dikenal luas dan menjadi tanaman hias populer.  Mengapa mereka mencuri perhatian?

Pertama, dari sekian banyak spesies, jenis tanaman ini memiliki keunikan tersendiri. Memiliki penampilan dan corak yang khas. Jenis Monstera Deliciosa misalnya. Ia memiliki daun yang besar, lebar dan berlubang.

Dalam ukuran yang lebih kecil dari Monstera Deliciosa, ada Monstera Borsigniana. Monstera Obliqua dan Monstera Adansonii sekilas mirip, namun tak sama. Obliqua memiliki daun yang lebih tipis dan lubang yang lebih banyak.

Monstera Obliqua yang konon harganya mencapai 200 juta rupiah/Liputan6.com
Monstera Obliqua yang konon harganya mencapai 200 juta rupiah/Liputan6.com

Dua jenis terakhir itu cukup menarik perhatian. Keunikan tampilannya serta kemudahannya beradaptasi dengan iklim membuatnya mudah ditemukan di tanah air.

Bicara soal keunikan, jenis Monstera Varegata bisa dibilang primadona. Variasi warna begitu menggoda. Berkat keunikan itu ia bisa dihargai tinggi.  Semakin unik bentuk dan warna, harga pun semakin menggila.

Kedua, apa yang membuat Monstera Varegata begitu spesial? Jenis ini dikenal memiliki keunikan warnanya. Ia bisa memiliki corak putih atau krem, juga hijau. Tidak hanya pada daunnya, tetapi juga bagian batang dan tangkai daun. Untuk mendapatkan variasi terbaik harus melewati proses yang tidak mudah. Mutasi genetik.

Variegasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN