Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... charlesemanueldm@gmail.com

Verba volant, scripta manent!

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Black Box Bukan Kotak Hitam?

12 Januari 2021   23:03 Diperbarui: 13 Januari 2021   07:11 168 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Black Box Bukan Kotak Hitam?
Ilustrasi pesawat terbang/freepick

Sampai beberapa puluh menit lalu, dalam bayangan saya, black box pesawat itu berbentuk kotak dan berwarna hitam. Persis namanya. Kotak hitam. Namun ternyata dugaan saya itu salah.

Saya coba mengkonfirmasi pemberitaan terkait penemuan perangkat flight data recorder (FDR) yang menjadi bagian dari black box pesawat nahas, Sriwijaya Air SJ 182, beberapa jam lalu. Dari beberapa potongan gambar yang tersebar, belum sepenuhnya menjawab rasa penasaran saya.

Apakah saya "kudet" alis kurang update? Bisa jadi. Agar pengetahuan saya dan mungkin sebagian orang seperti saya bisa up to date maka saya coba mencari beberapa informasi dan membagikannya di sini.

Pertama, "kotak hitam" itu bukan berbentuk kotak, bukan pula berwarna hitam. Menukil aerotime.aer, warna black box tidaklah hitam. Bentuknya pun bukan persegi empat. Kotak hitam ini berbentuk silinder yang dipasang pada dua bagian logam besar. Ia lebih terlihat seperti kompresor udara, ketimbang tape recorder.

Istilah "kotak" ini sebenarnya mengacu pada saat rekaman dibuat pada pita logam. Kini sudah digantikan papan memori digital. Sementara itu, beberapa model lama masih mempertahankan bentuk tersebut. Namun dipastikan tengah dijadwalkan untuk diganti.

Ada banyak teori tentang asal usul nama "kotak hitam." Mulai dari mengacu pada desain awal dengan warna bagian dalam yang sangat gelap, hingga penggunaan nama itu secara masif oleh media.

Nah, bagaimana warna black box sesungguhnya? Oranye! Mengapa harus berwarna demikian? Apakah anda bisa bayangkan seberapa tinggi tingkat kesulitan tim pencari untuk mendapatka perangkat penting itu bila berwarna gelap? Dengan berwarna terang dan mencolok, tentu akan lebih mudah ditemukan, manakala lokasi kecelakaan di tempat-tempat yang sulit dijangkau, bukan?

Kedua, sebuah "kotak hitam" terdiri dari dua peralatan terpisah.  Fligh data recorder (FDR) dan Cockpit Voice Recorder (CVR). Bila bisa diterjemahkan kira-kira menjadi "perekam data penerbangan" dan "perekam suara kokpit."

Perangkat ini wajib ada di setiap pesawat termasuk pesawat komersial. Ia diletakan di bagian ekor pesawat. Mengapa demikian? Pertimbangannya, saat terjadi kecelakaan, bagian tersebut mengalami dampak relatif lebih kecil.  Setelah benturan bagian belakang pesawat akan bergerak lebih lambat. Dengan demikian peranti ini tidak mengalami kerusakan parah.

Letak, tampilan dan dimensi Kotak Hitam/bbc.com
Letak, tampilan dan dimensi Kotak Hitam/bbc.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN